Rem Bermasalah, Mercedes-Benz Recall 292.000 Kendaraan

Nusantaratv.com - 13/05/2022 08:40

Ilustrasi Mercedes-Benz. (Reuters)
Ilustrasi Mercedes-Benz. (Reuters)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Mercedes-Benz USA bakal melakukan penarikan kembali (recall) terhadap 292.000 kendaraan model ML, GL dan R-Class produksi 2006-2012.

Dikutip dari Reuters, Jumat (13/5/2022), penarikan itu dilakukan karena adanya masalah pengereman dan meminta pemilik kendaraan untuk tidak mengendarai mobil untuk sementara waktu.  

Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) Amerika Serikat (AS) mengatakan produsen mobil Jerman itu mengeluarkan penarikan sukarela bertajuk 'jangan mengemudi' karena booster rem berpotensi terkorosi yang dapat mempengaruhi kemampuan pengereman, hingga meningkatkan risiko kecelakaan.

Mercedes-Benz USA mengatakan tidak ada kecelakaan, cedera atau kematian terkait dengan masalah ini. Perusahaan mengatakan akan menawarkan derek gratis kepada pemilik kendaraan yang terkena dampak. Jika perbaikan diperlukan, diler Mercedes-Benz akan membantu mengoordinasikan transportasi alternatif.

NHTSA mengatakan kendaraan yang tidak menunjukkan korosi tingkat lanjut dapat terus dikendarai tanpa tindakan lebih lanjut, sementara kendaraan dengan korosi tingkat lanjut akan menjalani tes tambahan.

Kendaraan yang lulus tes dapat dikendarai hingga dua tahun, tetapi harus kembali untuk dilakukan perbaikan tambahan, sedangkan yang tidak lulus akan memerlukan penggantian booster rem.

NHTSA mengatakan dalam kasus korosi sangat parah yang jarang terjadi, 'manuver pengereman yang sangat kuat atau keras dapat menyebabkan kerusakan mekanis pada booster rem, di mana koneksi antara pedal rem dan sistem rem akan gagal'. Dalam hal itu 'tidak mungkin untuk memperlambat atau menghentikan kendaraan melalui rem servis'.

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in