Rem Bermasalah, 23.555 Kendaraan Ferrari Kena Recall

Nusantaratv.com - 06/08/2022 16:45

Kendaraan Ferrari LaFerrari 2015. (Car and Drive)
Kendaraan Ferrari LaFerrari 2015. (Car and Drive)

Penulis: Tri Budi Purnomo

Nusantaratv.com - Produsen mobil sport mewah Italia, Ferrari melakukan penarikan kembali (recall) terhadap 23.555 kendaraan.

Penarikan tersebut dilakukan karena adanya masalah pada rem kendaraan. Dikutip dari Car and Driver, Sabtu (6/8/2022), kendaraan yang terdampak recall merupakan produksi 2005 hingga 2022. 

Menurut keterangan resmi, recall itu terjadi karena minyak rem dari 23.000 unit Ferrari itu rentan bocor. Hal tersebut akan membuat mobil tidak bisa melakukan pengereman dengan baik hingga sama sekali tidak bisa berfungsi dengan sempurna, sehingga bisa membahayakan pengemudi.

Beberapa unit yang terdampak recall termasuk mobil edisi spesial seperti Ferrari F60 America dan Ferrari LaFerrari. Badan Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (National Highway Traffic Safety Administration/NHTSA) mengatakan, oli rem berpotensi bocor karena ada masalah dari tutup reservoir minyak rem dari mobil-mobil sport Italia itu.

Tutup minyak rem itu ternyata bermasalah karena bisa membuat ruangan hampa. Di mana ruangan hampa itu membuat minyak rem bocor. Parahnya cairan rem yang bocor itu bisa membuat mobil kehilangan kemampuan pengereman secara sebagian atau keseluruhan.

NHTSA meminta agar Ferrari melakukan penggantian tutup reservoir dengan versi modifikasi yang harus mengeluarkan udara dengan benar. Selain itu, mereka juga mewajibkan adanya sistem elektronis yang bisa memberikan peringatan alternatif jika level minyak rem masih mencapai level berbahaya.

NHTSA jug meminta pemilik mobil Ferrari harus memperhatikan peringatan rem atau minyak rem agar masalah fatal tidak terjadi. Recall yang sama ternyata pernah terjadi di 2021 di mana sebanyak 10.000 Ferrari juga mengalami kebocoran minyak rem.

Beberapa model yang kena recall saat itu adalah Ferrari 458 tahun 2010-2015 dan Ferrari 488s taun 2016-2019. Hanya saja kedua mobil itu saat ini tidak masuk dalam daftar recall lagi. Terkait recall terbaru ini, Ferrari akan memberitahu pemilik kendaraan dan diler pada 24 September mendatang.


 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in