Peugeot Hadirkan Mobil Listrik E-3008, Dibekali Baterai dengan Jarak Tempuh Hingga 700 Km

Nusantaratv.com - 14 September 2023

Peugeot telah meluncurkan mobil listrik terbaru mereka, yakni Peugeot E-3008. (Gizmochia)
Peugeot telah meluncurkan mobil listrik terbaru mereka, yakni Peugeot E-3008. (Gizmochia)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Peugeot telah meluncurkan mobil listrik terbaru mereka, yakni Peugeot E-3008.

Kendaraan listrik ini adalah generasi ketiga dari Peugeot 3008 dan memiliki jangkauan berkendara hingga 700 kilometer (km). Mobil listrik terbaru ini hadir setelah tujuh tahun setelah pendahulunya dirilis di pasar Eropa.

Melansir Gizmochina, Kamis (14/9/2023), Peugeot E-3008 baru hadir dengan peningkatan signifikan pada powertrain listrik dan teknologi interior dibandingkan pendahulunya.  Crossover segmen C yang serba baru ini didasarkan pada platform STLA Medium, yang merupakan model produksi seri pertama. 

STLA sendiri dikembangkan oleh Stellantis, dimana Peugeot adalah sub-mereknya. Model baru ini akan ditawarkan dalam dua trim, yakni Allure dan GT, dengan tiga paket pilihan dan tiga pilihan powertrain listrik.

Varian pertama all-new E-3008 dibekali baterai 400V nickel-manganese-cobalt (NMC) 73kWh dan motor listrik 157kW yang dipasang di depan dengan torsi 343Nm. Perkiraan jarak tempuh model ini adalah 524 km. 

Varian kedua adalah versi motor ganda dengan baterai dan motor listrik yang sama. Namun kendaraan tersebut dilengkapi motor listrik belakang 83kW, 166Nm dan memiliki output gabungan 240kW. 

Versi motor ganda dari model ini memiliki perkiraan jangkauan 524 km yang sama dengan tipe yang bermesin tunggal. Sedangkan Peugeot E-3008 versi jarak jauh hadir dengan baterai 98kWh dan jangkauan 700 km.

Tersedia beberapa mode berkendara yang tersedia di mobil listrik Peugeot E-3008. Dimana Peugeot E-3008 dapat diisi ulang melalui AC atau DC melalui port pengisian daya yang terletak di spakbor kiri belakang. Charger internalnya mendukung daya 11kW dari sumber tiga fase. Tersedia pula charger opsional 22kW.

Peugeot E-3008 juga dapat menerima pengisian daya DC 160kW dari stasiun yang kompatibel. Ini dapat mengisi penuh kendaraan listrik tersebut dalam waktu kurang dari 60 menit. Model ini menikmati fungsionalitas vehicle-to-load (V2L) karena arsitektur STLA. 

Pengguna bisa mendapatkan daya dari baterai mobil ini melalui colokan charger untuk peralatan rumah tangga. Peugeot E-3008 juga dilengkapi sistem pengereman regeneratif yang sangat baik pada level rendah, sedang, dan tinggi. Kendaraan listrik ini memiliki panjang 178 inci, lebar 74 inci, dan tinggi 64 inci. 

Seri ini hadir dengan beberapa desain terkenal merek Peugeot seperti lampu khas bercakar tiga. Ada enam pilihan warna untuk model ini termasuk Pearl Black dan Titanium Grey.

Bicara interior, Peugeot E-3008 memiliki layar lebar melengkung i-Cockpit 21 inci. Layar ini terletak di atas dasbor dan berfungsi sebagai layar infotainment dan cluster instrumen digital. Peugeot E-3008 yang serba baru akan dibuat di Prancis dan akan debut pada akhir tahun 2023.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])