Mobil Listrik Hyundai Ioniq 6 Jadi Salah Satu yang Punya Keselamatan Pejalan Kaki Paling Aman

Nusantaratv.com - 18 September 2023

Mobil listrik Hyundai Ioniq 6 menjadi salah satu yang punya keselamatan pejalan kaki paling aman. (Gizmochina)
Mobil listrik Hyundai Ioniq 6 menjadi salah satu yang punya keselamatan pejalan kaki paling aman. (Gizmochina)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Insurance Institute of Highway Safety (IIHS) telah menambahkan tiga mobil listrik ke daftar Top Safety Pick+ untuk tahun 2023.

Kendaraan tersebut yakni Genesis Electrified GV70, Hyundai Ioniq 6, dan Lexus RZ 450e. Melansir Gizmochina, Senin (18/9/2023), ketiga kendaraan ini telah melalui proses kualifikasi dengan menjalani pengujian yang ekstensif dalam hal tabrakan dan teknologi pencegahan tabrakan. 

Pada 2023 ini, IIHS berfokus pada sistem keselamatan untuk pejalan kaki, sejalan dengan meningkatnya angka kecelakaan pejalan kaki di malam hari. Hyundai Ioniq 6 dan Lexus RZ 450e meraih "peringkat superior" dalam uji tabrakan depan kendaraan-ke-pejalan kaki dalam kondisi cahaya redup, sementara Genesis Electrified GV70 mengikutinya dengan "peringkat lanjutan". 

Menariknya, GV70 dibuat dengan arsitektur yang sama dengan versi bertenaga gasnya, bukan Electric-Global Modular Architecture (E-GMP) yang mendasari Ioniq 6. Pilihan desain ini tidak memengaruhi sistem keselamatannya, namun lampu depan GV70 tercatat sebagai terbaik di antara ketiganya.

Presiden IIHS David Harkey menekankan pentingnya sistem pencegahan kecelakaan depan yang komprehensif pada mobil listrik ini, baik untuk siang maupun malam. "Keselamatan pejalan kaki di malam hari semakin menjadi perhatian," imbuhnya.

Ditambahkannya langkah-langkah keselamatan dalam kondisi minim cahaya pada kendaraan ini menggambarkan pergeseran industri menuju keselamatan jalan yang lebih holistik. Hal ini juga merupakan langkah penting menuju tujuan IIHS untuk mencapai nihil korban jiwa di lalu lintas.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])