Lucid Buka Pabrik Pertama di Arab Saudi, Siap Produksi Kendaraan Listrik

Nusantaratv.com - 28 September 2023

Lucid telah membuka pabrik pertama mereka di Arab Saudi. (Istimewa via Carscoops)
Lucid telah membuka pabrik pertama mereka di Arab Saudi. (Istimewa via Carscoops)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Produsen mobil sport mewah listrik asal Amerika Serikat (AS), Lucid, telah membuka fasilitas manufaktur atau pabrik pertama mereka di Arab Saudi.

Melansir Carscoops, Kamis (28/9/2023), pabrik bernama Advanced Manufacturing Plant 2 (AMP-2) ini bakal merakit semi knock-down (SKD) kendaraan listrik Lucid Air. Diharapkan pabrik baru tersebut memiliki kapasitas tahunan sebanyak 5.000 unit. Selanjutnya, kapasitas produksinya akan ditingkatkan menjadi 150.000 per tahun di masa depan. 

Kendaraan yang dirakit di pabrik baru ini akan dipasarkan di Arab Saudi dan juga diekspor ke sejumlah negara lain. Sayangnya tidak disebutkan negara mana saja yang menjadi tujuan ekspor mobil listrik Lucid yang diproduksi di Arab Saudi ini.

"Kami sangat senang bisa membuat sejarah hari ini di Arab Saudi dengan membuka fasilitas manufaktur mobil pertama di negara tersebut. Fasilitas ini bakal memproduksi kendaraan listrik kami yang memenangkan penghargaan dan mendukung visi negara tersebut untuk perekonomian yang lebih berkelanjutan dan terdiversifikasi," ujar CEO Lucid Peter Rawlinson. 

Sementara itu, Managing Director Lucid Timur Tengah, Faisal Sultan mengatakan, pemerintah Arab Saudi telah melakukan perjanjian kerja sama untuk membeli hingga 100.000 kendaraan selama periode 10 tahun. Pada tahap awal, sebanyak 50.000 kendaraan akan dibeli dan periode selanjutnya 50.000 unit lagi.

Sedangkan pihak Lucid menyatakan perusahannya mendapatkan dukungan signifikan dari Kementerian Investasi Arab Saudi, Dana Pengembangan Industri Saudi, dan Kota Ekonomi Raja Abdullah. Hal ini tidak mengherankan karena Dana Investasi Publik Saudi tercatat memiliki lebih dari 60 persen saham produsen mobil tersebut.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])