LG Energy Solution dan Honda Pertimbangkan Bangun Pabrik Baterai Kendaraan Listrik di AS

Nusantaratv.com - 14/01/2022 12:30

Ilustrasi Honda. (Istimewa)
Ilustrasi Honda. (Istimewa)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Raksasa baterai kendaraan listrik asal Korea Selatan (Korsel) LG Energy Solution dan produsen mobil asal Jepang, Honda, sedang dalam pembicaraan untuk membentuk usaha patungan di Amerika Serikat (AS).

Hal ini menjadi kemitraan langka antara perusahaan Korea dan Jepang, menurut sumber industri, seperti dilaporkan The Korea Herald, Jumat (14/1/2022). Kedua perusahaan dilaporkan dalam tahap awal diskusi untuk mendirikan pabrik baterai kendaraan listrik (electric vehicle/EV) senilai 4 triliun won atau setara Rp48,2 triliun di AS dengan kapasitas produksi tahunan 40 gigawatt-jam, yang cukup untuk memberi daya pada 600.000 kendaraan listrik.

Sumber itu menyebutkan detail terkait tanggal pendirian, lokasi dan struktur kepemilikan belum diputuskan tetapi diperkirakan akan diselesaikan dalam enam bulan ke depan. "Belum ada yang diputuskan," kata seorang pejabat perusahaan.

Pejabat itu menambahkan perusahaan telah melanjutkan pembicaraan dengan sejumlah produsen mobil global untuk kemungkinan menjalin kemitraan. Kemitraan Honda dengan LG Energy Solution hadir saat produsen mobil terbesar kedelapan di dunia itu bersiap untuk masuk ke pasar kendaraan listrik di AS yang sedang berkembang. 

Tahun lalu, Honda menyusun rencana untuk beralih 100 persen ke kendaraan listrik pada 2040, menjadi produsen mobil Jepang pertama yang mencari elektrifikasi penuh. Sementara itu, mengenai mengapa Honda memilih LG Energy Solution dibandingkan produsen baterai Jepang seperti Panasonic? Sumber mengatakan perusahaan Jepang tampaknya kehilangan daya saing terhadap perusahaan Korea.

Honda sendiri berencana memproduksi mobil berdasarkan platform 'Ultium' General Motors (GM) yang dikembangkan dalam kemitraan dengan LG Energy Solution.

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in