Juni 2022, Bajaj Siap Memulai Produksi Motor Listrik

Nusantaratv.com - 03/01/2022 14:00

Ilustrasi motor listrik. (RideApart)
Ilustrasi motor listrik. (RideApart)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Produsen kendaraan roda dua asal India, Bajaj Auto siap memulai produksi motor listrik pada Juni 2022.

Sebagai produksi awal, Bajaj akan membuat skuter listrik untuk Husqvarna, bagian dari grup KTM AG. Skuter listrik Husqvarna Vektorr, yang berbasis Bajaj Chetak, akan diproduksi di pabrik Bajaj, sebagai bagian dari rencana Bajaj-Pierer Mobility.

Selain itu, perusahaan juga akan memproduksi motor listrik E-Pilen yang sangat dinanti. Dikutip dari RideApart, Senin (3/1/2022), Bajaj memegang pangsa pasar terbesar kendaraan roda dua di India.

Perusahaan juga banyak berinvestasi dalam memproduksi massal kendaraan roda dua listrik ringan yang terjangkau untuk dijual baik di pasar lokal, maupun untuk ekspor ke negara tetangga yakni Asia, serta Eropa.

Guna melakukan ini, Bajaj telah menginvestasikan lebih dari US$40 juta atau setara Rp570.5 miliar untuk fasilitas produksi baru yang didedikasikan hanya untuk memproduksi kendaraan listrik. 

Pabrik itu diharapkan akan memiliki kapasitas produksi tahunan sekitar setengah juta kendaraan listrik. Pabrik ini nantinya akan menangani operasi seperti fabrikasi, perakitan, pengecatan, dan jaminan kualitas.

Selain itu, kehadiran pabrik ini akan memberikan kesempatan bagi warga India untuk memperoleh pekerjaan, mengingat dua tahun belakangan mereka berjuang dan paling terpukul akibat pandemi Covid-19.

Pabrik baru ini diharapkan mulai beroperasi pada Juni 2022. Pabrik ini akan memproduksi kendaraan listrik ringan dan terjangkau yang selanjutnya akan dijual di India dan pasar negara tetangga. 

Kendati model pasti yang akan diproduksi di fasilitas baru belum diumumkan secara resmi, namun kemungkinan itu akan didasarkan pada skuter listrik Chetak yang sudah tersedia.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in