Joe Biden Gunakan Mobil Kepresidenan di KTT G-20 Bali, Ini Kecanggihan 'The Beast'

Nusantaratv.com - 15 November 2022

Kendaraan Dinas Kepresidenan Amerika Serikat (AS) The Beast. (spyscape.com)
Kendaraan Dinas Kepresidenan Amerika Serikat (AS) The Beast. (spyscape.com)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden berada di Indonesia dalam rangka menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 Bali 2022, yang dihelat pada 15-16 November. 

Menurut Biden, KTT G-20 merupakan pertemuan penting yang membahas berbagai isu yang menyangkut hajat hidup warga dunia, yang di antaranya terkait ketahanan pangan, perekonomian global, dan kesehatan.

"G-20 merupakan forum penting bagi negara-negara dengan perekonomian terbesar dunia untuk bekerja sama demi kepentingan masyarakat di mana pun mereka berada. Dan, saya menantikan pertemuan itu besok (15/11/2022)," kata Biden saat jumpa pers bersama sejumlah jurnalis asing dan Indonesia di Nusa Dua, Bali, Senin (14/11/2022).

Dia juga menyampaikan ketahanan pangan perlu menjadi sorotan saat KTT G20 2022, karena saat ini dunia menghadapi ancaman krisis pangan salah satunya akibat agresi Rusia di Ukraina. Tak hanya itu, KTT G-20 kali ini menurutnya juga perlu membahas upaya memperkuat perekonomian dunia dan kesehatan global terutama setelah negara-negara terdampak pandemi Covid-19.

"Kita harus memastikan dunia dapat lebih baik mempersiapkan diri dari ancaman pandemi berikutnya," ungkap Biden.

Namun, yang menarik dari kehadiran Biden pada KTT G-20 Bali 2022, dia membawa mobil khusus guna menunjang mobilitasnya, yakni Cadillac One yang dikenal dengan julukan 'The Beast'. Dijuluki 'The Beast' oleh agen Secret Service yang ditugaskan untuk mengendarainya, nama kode Secret Service resmi mobil tersebut adalah 'Stagecoach'.

Mobil ini sebelumnya juga dibawa Biden saat menghadiri pemakaman Ratu Elizabeth II di Westminster Abbey, Inggris, seperti dikutip dari Mirror, Selasa (15/11/2022). Limosin lapis baja ini diperkirakan seharga 1,3 juta poundsterling atau sekitar Rp 23,7 miliar.

'The Beast' memiliki tampilan gril yang sama seperti Cadillac Escala. Mobil ini sudah dilengkapi dengan kaca setebal 5 inci (12,7 cm) serta pintu setebal 8 inci (20,32 cm) di mana beratnya setara dengan pintu pesawat komersial. Bahkan handle pintu 'The Beast' disebut dialiri tegangan listrik 120 Volt guna melindungi dari perusuh yang mencoba masuk. 

Disebutkan juga jika mobil bisa mengeluarkan cairan oli sehingga pengendara yang menguntit bisa kehilangan kontrol. Kendaraan ini dibuat menggunakan titanium, keramik, dan pelat anti bom yang menutupi bagian bawah. 'The Beast' diketahui juga memiliki pesawat kargo sendiri dengan nama C-17 Globemaster dan akan mengikuti kemanapun Biden pergi. 

Bicara jantung pacunya. Mobil ini ditenagai mesin diesel 5.000 cc, sayangnya tidak diketahui secara pasti bagaimana performa mesin tersebut. Mobil ini juga diketahui menggunakan bahan bakar khusus yang tidak mudah terbakar jika terjadi baku tembak. Dan, soal akselerasi mobil ini bisa dibilang tidak terlalu baik. Mobil bisa berakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 15 detik.

Berikut ini sejumlah fakta 'The Beast' yang digunakan Joe Biden menghadiri KTT G20 Bali, seperti dikutip dari kompas.com, Selasa (15/11/2022):

1. Diklaim Kendaraan Paling Aman 

Dibekali dengan sistem keamanan canggih, 'The Beast' diklaim sebagai kendaraan paling aman di dunia. Mobil ini dapat menahan serangan bom penghancur dan tembakan senjata api. Hal ini lantaran pintu 'The Beast' berlapis baja setebal 8 inci dan memiliki segel untuk menahan serangan senjata biologis dan kimia. 

Handle pintu 'The Beast' juga dialiri tegangan listrik 120 Volt guna melindungi dari perusuh yang mencoba masuk. Disebutkan juga jika mobil bisa mengeluarkan cairan oli sehingga pengendara yang menguntit bisa kehilangan kontrol.

Bagian jendela mobil terbuat dari polikarbonat, bahan kaca anti peluru setebal lima inci. Sementara bannya, diperkuat dengan serat tekstil jenis kevlar dan dapat berjalan di atas pelek baja. Tak hanya itu, untuk memudahkan pemantauan, 'The Beast' turut dilengkapi dengan kamera night vision yang memperjelas pandangan saat minim cahaya.

2. Lengkap dengan Senjata dan Darah Joe Biden 

Kendaraan ini terdiri dari tujuh kursi, dengan dua di depan untuk agen Secret Service dan empat sisanya di belakang kursi presiden. Seluruh jendela 'The Beast' tidak bisa dibuka, kecuali kaca samping pengemudi. Mobil jenis limosin ini juga menyimpan senapan untuk berjaga-jaga saat diserang, serta memiliki cadangan oksigen di dalam bagasi jika ada serangan kimia. 

Sejumlah senjata lain tersembunyi di bagian depan kendaraan, berfungsi untuk menembak penyerang. Dikutip dari laman Mirror, 'The Beast' juga dilaporkan dapat menembakkan gas air mata untuk memperingatkan penyerang. 

Bahkan, 'The Beast' menyimpan kotak berisi darah Joe Biden untuk transfusi darah darurat. Mobil ini juga diketahui menggunakan bahan bakar khusus, sehingga tidak mudah terbakar saat terjadi baku tembak.

3. Punya Pesawat Sendiri

Menurut laman Financial Express, 'The Beast' akan ikut serta ke mana pun Presiden AS Joe Biden pergi. Adapun untuk mengangkut 'The Beast', Secret Service menggunakan pesawat kargo khusus dengan nama C-17 Globemaster.

4. Pengemudi Khusus 

Demi keamanan orang nomor satu di AS, pengemudi yang bertugas menjalankan 'The Beast' juga tak sembarangan. Mereka adalah orang-orang dari Secret Service, sebuah badan di bawah Departemen Keamanan Dalam Negeri AS yang bertugas melindungi para pemimpin AS. 

Badan ini juga melindungi keluarga pemimpin, serta kepala negara yang berkunjung ke AS. Meski tampak seperti pengemudi mobil biasa, tetapi pengemudi 'The Beast' dilatih untuk melakukan sejumlah manuver dan prosedur keamanan lain.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])