Hyundai dan SK Tandatangani Nota Kesepahaman Kemitraan Baterai di AS

Nusantaratv.com - 01/12/2022 09:15

Tampilan IONIQ 5 dari Hyundai (ANTARA/HO)
Tampilan IONIQ 5 dari Hyundai (ANTARA/HO)

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Hyundai Motor Group telah menandatangani pakta awal dengan pembuat baterai mobil SK On untuk mengamankan baterai pada pabrik kendaraan listrik khusus di Amerika Serikat.

Kedua perusahaan Korea Selatan telah menandatangani nota kesepahaman untuk pasokan baterai dan peluang bisnis masa depan di pasar kendaraan listrik AS, kata Hyundai Motor Group dalam sebuah pernyataan.

Di bawah "kemitraan strategis", SK On berencana untuk mulai memasok baterainya untuk kendaraan listrik yang akan dibangun di Hyundai Motor Group Metaplant America (HMGMA) di negara bagian Georgia pada 2025.

Pembahas detail seperti volume dan kerangka waktu pasokan baterai akan dilakukan kemudian, kata Hyundai.

Pada bulan Mei, Hyundai Motor Group mengumumkan akan menginvestasikan 5,54 miliar dollar AS untuk membangun HMGMA guna memperkuat dorongan elektrifikasinya di pasar mobil paling penting di dunia.

Grup itu mengatakan konstruksi sebenarnya pada fasilitas kendaraan listrik 300.000 unit per tahun akan dimulai pada paruh pertama tahun depan dengan tujuan memulai produksi pada paruh pertama 2025.

Fasilitas tersebut akan memproduksi model listrik untuk Hyundai Motor Co., termasuk merek mewahnya Genesis, serta model lain untuk afiliasinya yang lebih kecil Kia Corp. Pabrik AS yang baru akan berlokasi di dekat pabrik Hyundai dan Kia yang ada di Alabama dan Georgia.

Hyundai Motor dan Kia, yang bersama-sama membentuk pembuat mobil terbesar kelima di dunia, bertujuan untuk menjual 3,23 juta kendaraan listrik gabungan, termasuk 840.000 unit di AS, pada tahun 2030 yang akan mencakup 12 persen pasar kendaraan listrik global. Bagian mereka mencapai 5 persen tahun lalu.

Angka penjualan kendaraan listrik Hyundai Motor termasuk model Genesis.

Grup tersebut mengatakan dapat mulai memproduksi versi all-electric dari Genesis GV70 SUV di pabrik Alabama akhir tahun ini, tetapi Hyundai IONIQ 5 dan Kia EV6 akan diproduksi di pabrik domestik mereka untuk ekspor.

Hyundai Motor berencana meluncurkan 17 model kendaraan listrik pada tahun 2030, termasuk enam model Genesis, dengan Kia dijadwalkan merilis 14 kendaraan listrik pada tahun 2027.

SK On mengharapkan MOU terbaru untuk memperkuat kemitraan yang sudah ada dengan Hyundai Motor Group. Perusahaan memasok baterai ke model all-electric IONIQ 5 dan IONIQ 6 milik Hyundai Motor, demikian disiarkan Yonhap, Selasa (29/11).(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in