CATL Pasok Baterai Kendaraan Listrik untuk Kia

Nusantaratv.com - 23/06/2022 15:16

Kendaraan listrik Kia Niro. (Edmunds)
Kendaraan listrik Kia Niro. (Edmunds)

Penulis: Tri Budi Purnomo

Nusantaratv.com - Raksasa baterai China Contemporary Amperex Technology Co Ltd (CATL) telah memasok baterai kendaraan listrik ke Kia Corp.

Hal itu diungkapkan perusahaan pada Kamis (23/6/2022), sekaligus menandai penggunaan pertama baterai kendaraan listrik (electric vehicle/EV) non-Korea oleh Kia untuk penjualan di dalam negeri.

Dikutip dari Reuters, Kamis (23/6/2022), produsen mobil Korea Selatan (Korsel), afiliasi dari Hyundai Motor Co., telah memilih baterai dari CATL untuk SUV (sport utility vehicle) crossover listrik Niro, yang diharapkan memperluas jangkauan pemasok baterai, sebuah surat kabar di Negeri Ginseng itu melaporkan pada Rabu (22/6/2022).

"Dengan penjualan kendaraan listrik baterai yang tumbuh secara global, Kia bekerja sama dengan berbagai pemasok baterai untuk mendiversifikasi dan menstabilkan pasokan baterai," kata Kia dalam pernyataannya kepada Reuters, yang membenarkan penggunaan baterai CATL.

Sedangkan juru bicara CATL juga mengkonfirmasi laporan tersebut, tanpa menjelaskan lebih lanjut. CATL, yang kliennya termasuk Tesla Inc., dan Volkswagen AG., adalah produsen baterai terbesar di dunia.

Pelacak industri SNE Research mengatakan perusahaan memiliki pangsa lebih dari 35 persen dari pasar baterai kendaraan listrik global yang sedang booming. Analis mengatakan pasar bernilai puluhan miliar dolar setahun.

Untuk penjualan kendaraan listrik domestik, Hyundai Motor dan Kia sebelumnya hanya menggunakan baterai dari dua perusahaan Korsel, yakni LG Energy Solution Ltd dan SK On dari SK Innovation Co Ltd.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in