Toyota Perbaharui Mobil Listrik Futuristik Concept-i dan e-Palette untuk Olimpiade 2020 Tokyo

Toyota mengatakan kehadiran dua mobil listrik futuristik itu bertujuan mencapai level target emisi terendah dari semua armada kendaraan resmi yang digunakan di Olympic dan Paralympic Games.
Toyota Perbaharui Mobil Listrik Futuristik Concept-i dan e-Palette untuk Olimpiade 2020 Tokyo
Toyota Concept-i untuk Olimpiade 2020 Tokyo. (Carscoops)

Jakarta, Nusantaratv.comToyota akan menghadirkan 3.700 kendaraan pada gelaran Olimpiade 2020, Tokyo, Jepang, dimana 90 persen di antaranya merupakan mobil listrik.

Pabrikan mobil asal Jepang, Toyota, mengatakan kehadiran dua mobil listrik futuristik itu bertujuan mencapai level target emisi terendah dari semua armada kendaraan resmi yang digunakan di Olympic dan Paralympic Games.

Dilansir dari Carscoops, Minggu (25/8/2019), e-Palette adalah mobil listrik berbentuk kotak untuk antar jemput dengan kemampuan mengemudi otonom Level 4 yang mendukung kelancaran transportasi jarak pendek. 

Dengan jarak lantai yang rendah serta dioperasikan dengan listrik, tanpa menyisakan celah antara lantai trotoar dan bagian bus saat berada di halte, akan memudahkan bagi penumpang, terutama pengguna kursi roda.

Puluhan mobil listrik e-Palette akan berjalan tanpa henti di area perkampungan atlet Olympic dan Paralympic guna mendukung kebutuhan transportasi staf dan atlet. Setiap kendaraan akan memiliki operator untuk memantau operasi mengemudi otomatis.

Sedangkan Toyota Concept-i, telah diperbarui dan akan digunakan sebagai kendaraan yang beroperasi pada saat kirab obor Olimpiade dan kendaraan utama saat gelaran maraton. Toyota juga akan mendemonstrasikan cara mengemudi otonom Level 4 Concept-i dan fungsi-fungsinya.

Dari sekitar 3.700 kendaraan untuk Olipiade 2020, Tokyo, sebanyak 2.700 kendaraan akan menjadi bagian dari armada resmi yang menyediakan dukungan transportasi antar tempat selama Olimpiade. 

Armada ini melengkapi kendaraan yang tersedia secara komersial, seperti Mirai, Prius PHV dan model lainnya. Dari kendaraan listrik yang disediakan, sekitar 500 akan menjadi FCEVs dan sekitar 850 BEVs.