Rogoh Kocek Paling Sedikit 30 Miliar Dolar AS, Volkswagen Tak Tertarik Beli Saham Tesla

Mengakuisisi saham Tesla bisa membuat Volkswagen mendapatkan akses teknologi yakni software maupun baterai
Rogoh Kocek Paling Sedikit 30 Miliar Dolar AS, Volkswagen Tak Tertarik Beli Saham Tesla
Volkswagen tak tertarik beli saham Tesla. (Engadget)

Jakarta, Nusantaratv.com - Volkswagen (VW) mengatakan pihaknya tidak tertarik membeli saham Tesla. Hal itu untuk membantah laporan yang menyebutkan bahwa CEO Volkswagen, Herbert Diess, ingin membeli saham di perusahaan AS itu untuk mengakses software dan teknologi baterai.

"Spekulasi membeli saham Tesla yang ditulis Manajer Magazin tidak berdasar," ujar juru bicara Volkswagen dalam pernyataan tertulis, seperti dilansir dari Reuters, Jumat (23/8/2019).

Manajer Magazin mengatakan Diess bertemu CEO Tesla, Elon Musk, secara intensif karena Tesla dinilai memiliki kemampuan dalam perancangan software dan baterai.

"Diess bisa melakukannya jika dia mampu," tulis majalah itu, mengutip seorang manajer di Volkswagen tanpa menyebut nama.

Mengakuisisi saham Tesla, menurut Majalah Magazin tersebut, bisa membuat raksasa otomotif Jerman itu mendapatkan akses teknologi. Kendati begitu, hal itu hampir mustahil diwujudkan Volkswagen. 

Sebab, menurut bankir yang dekat dengan Volkswagen, perusahaan harus merogoh kocek paling sedikit 30 miliar dolar AS untuk bisa membeli seluruh perusahaan Tesla.