Zelenskyy Tawarkan Menukar Politisi pro-Rusia dengan Tahanan Ukraina

Nusantaratv.com - 13 April 2022

Instagram Presiden Ukraina menunjukkan taipan Viktor Medvedchuk dengan tangan terborgol memakai seragam tentara Ukraina. (AFP)
Instagram Presiden Ukraina menunjukkan taipan Viktor Medvedchuk dengan tangan terborgol memakai seragam tentara Ukraina. (AFP)

Penulis: Supriyanto

Nusantaratv.com - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy pada hari Selasa mengusulkan untuk menukar politisi pro-Kremlin yang ditangkap Viktor Medvedchuk dengan tahanan perang Ukraina yang ditahan oleh pasukan Rusia.

Dikutip dari Al Arabiya News (13/04/2022) “Saya mengusulkan kepada Federasi Rusia untuk menukar pria Anda ini dengan anak laki-laki dan perempuan kami yang sekarang berada di penangkaran Rusia,” kata Zelenskyy dalam pidato hariannya.

Kyiv sebelumnya mengumumkan menangkap Medvedchuk yang melarikan diri dari tahanan rumah setelah invasi Rusia.

Zelenskyy membagikan foto pria berusia 67 tahun itu mengenakan seragam militer dengan tangan diborgol. Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan Moskow mengetahui gambar itu tetapi tidak dapat memastikan keasliannya.

Medvedchuk adalah salah satu orang terkaya di Ukraina. Dia juga pemimpin Platform Oposisi Ukraina - Partai For Life, dan telah menjadi tahanan rumah sejak 2021 setelah pihak berwenang Ukraina menuduhnya melakukan makar.

Dia mengklaim Presiden Rusia Vladimir Putin adalah teman dekat dan ayah baptis putrinya. (Annisya C.)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close