Zelensky Pecat Jaksa Agung dan Kepala BIN Ukraina, Gara-gara Apa?

Nusantaratv.com - 18 Juli 2022

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. (Net)
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memecat kepala jaksa serta kepala badan keamanan intelijen negara (SBU) dalam perombakan pemerintah pada akhir pekan kemarin. Ini adalah perombakan kabinet pemerintahan terbesar yang dilakukan Zelensky semenjak invasi Rusia yang berlangsung hampir lima bulan lalu.

Zelensky memecat Jaksa Agung Iryna Venediktova dan Kepala SBU Ivan Bakanov di tengah tingginya jumlah kasus dugaan makar oleh aparat penegak hukum Ukraina.

"Hari ini, saya membuat keputusan untuk melepaskan tugas mereka sebagai jaksa agung dan kepala dinas keamanan Ukraina," ujar Zelensky dalam pidato hariannya. 

Menurut dia, ada lebih dari 651 kasus dugaan pengkhianatan dan persekongkolan antara pejabat Ukraina-Rusia yang sudah terkuak dan sedang diselidiki. Lebih dari 60 pejabat di antaranya yang bekerja di sejumlah badan yang dipimpin Bakanov dan Venediktova kini bekerja untuk Rusia, mengutip AFP.

"Sejumlah besar kejahatan terhadap fondasi keamanan nasional dan hubungan yang terjalin antara pejabat penegak hukum Ukraina dan layanan khusus Rusia menimbulkan pertanyaan yang sangat serius bagi para pemimpin terkait," jelas Zelensky.

"Setiap pertanyaan seperti itu akan dijawab," imbuhnya. 

Venediktova diketahui memimpin penyelidikan Ukraina atas dugaan kekejaman yang dilakukan pasukan Rusia di kota Bucha di luar Kyiv, yang menyebabkan kemarahan internasional.

Sementara Bakanov, menjadi pemimpin SBU pada 2019. Ia merupakan satu dari sederet wajah baru politik Ukraina yang menjadi terkenal usai Zelensky, mantan komedian, memenangkan pemilihan umum awal 2019, mengutip Reuters. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close