Zelensky ke G20: Waktunya Mengakhiri Perang Rusia!

Nusantaratv.com - 15 November 2022

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. (Net)
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyebut bahwa sekarang merupakan waktu untuk mengakhiri perang "destruktif" Rusia dan "menyelamatkan ribuan nyawa". Ini disampaikan Zelensky pada KTT G20 di Bali melalui pidato video, Selasa (15/11/2022). 

"Saya yakin sekarang adalah saatnya perang destruktif Rusia harus dan dapat dihentikan," ujarnya, dalam pidato, Selasa (15/11/2022). "Ini akan menyelamatkan ribuan nyawa," lanjut dia, mengutip AFP. 

Memakai kaus hijau tentara yang kini menjadi ciri khasnya, Zelensky berbicara kepada para pemimpin dunia termasuk Xi Jinping dari China dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden.

Berbicara dalam bahasa Ukraina, Zelensky mengecam "ancaman gila senjata nuklir yang dilakukan pejabat-pejabat Rusia", merujuk pada retorika Presiden Rusia Vladimir Putin yang bahkan membuat Beijing tak nyaman.

"Tidak ada alasan untuk pemerasan nuklir," ujarnya seraya berterima kasih kepada "G19" - tidak termasuk Rusia - karena "membuat hal ini jelas".

Zelensky pun menyerukan perluasan dan perpanjangan tidak terbatas dari kesepakatan gandum yang ditengahi oleh PBB dan Turki, yang akan berakhir pada 19 November.

Ukraina adalah salah satu produsen gandum utama dunia, dan invasi Rusia telah memblokir 20 juta ton biji-bijian di pelabuhannya sampai kesepakatan tercapai pada bulan Juli lalu.

"Saya percaya inisiatif ekspor biji-bijian kami layak untuk diperpanjang tanpa batas - tidak peduli kapan perang berakhir," kata Zelensky, mendesak ekspansi ke pelabuhan lain.

Zelensky juga mendukung dorongan pimpinan AS untuk membatasi harga ekspor minyak Rusia "sehingga sumber daya energi tidak lagi digunakan sebagai senjata."

"Jika Rusia mencoba untuk menghilangkan Ukraina, Eropa, dan semua konsumen energi di dunia dari prediktabilitas dan stabilitas harga, jawabannya adalah pembatasan paksa harga ekspor untuk Rusia," tandasnya. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close