Zelensky: Cara Hentikan Rusia Adalah Kirim Senjata ke Ukraina

Nusantaratv.com - 13 April 2022

Pasukan Ukraina. (Net)
Pasukan Ukraina. (Net)

Penulis: Maulana

Nusantaratv.com - Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy menilai tidak ada cara menghentikan aksi militer Rusia selain tambahan bantuan senjata bagi negaranya.

Ia mengatakan perang dengan Rusia akan berlangsung tanpa akhir. Pertumpahan darah, menurutnya akan terus terjadi. Kesengsaraan, penderitaan, serta kehancuran tak bisa dielakkan.

"(Kota) Mariupol, Bucha, Kramatorsk - daftarnya terus berlanjut. Tidak ada yang akan menghentikan Rusia kecuali Ukraina dengan senjata berat," ujar Zelensky dalam akun Twitter miliknya, dikutip Rabu (13/4/2022). 

Sebelumnya, di sisi lain, Presiden Rusia, Vladimir Putin menyatakan tujuan militernya di Ukraina adalah "mulia" dan akan tercapai.

"Sangat jelas, kami tidak memiliki pilihan lain, itu benar. Dan tidak ada keraguan tujuan (dari operasi khusus) akan tercapai," kata Putin pada Selasa (12/4/2022). 

Putin bahkan mengatakan dialog dengan Ukraina sudah mengalami kebuntuan di tengah upaya damai mengakhiri perang. Pernyataan tersebut ia sampaikan saat konferensi pers bersama sekutu dekatnya, Presiden Belarus, Alexander Lukashenko pada Selasa (12/4/2022).

Dikutip dari CNN, Rusia dan Ukrainat telah berulang kali menggelar negosiasi, tapi tidak menuai hasil signifikan.

Negosiasi terakhir berlangsung di Istanbul, Turki pada akhir Maret lalu. Hasil pertemuan tersebut di antaranya Ukraina siap berstatus netral dan non-nuklir, perundingan lebih lanjut status Crimea selama 15 tahun, jaminan keamanan Ukraina, kemungkinan pertemuan antarpresiden, serta gagal gencatan senjata.

Jalan negosiasi makin tampak terjal. Karena, Putin mengaku takkan mengakhiri serangan ke Ukraina sebelum tujuannya tercapai.

"Tak akan menghentikan operasi militer," tandas Putin.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])