Zambia dan China Bangun Pabrik Vaksin Kolera Pertama

Nusantaratv.com - 08 Oktober 2024

Ilustrasi. China berkomitmen menyumbangkan tiga juta dosis vaksin kolera untuk Zambia.  (Foto: Istimewa)
Ilustrasi. China berkomitmen menyumbangkan tiga juta dosis vaksin kolera untuk Zambia.  (Foto: Istimewa)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Pemerintah Zambia menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan Pemerintah China pada Senin (8/10/2024) dalam upaya membangun pabrik pembuatan vaksin kolera pertama di negara tersebut.

Tahap pertama proyek ini bakal menghabiskan biaya sebesar US$37 juta (sekitar Rp579 miliar). Dan diproyeksikan sanggup memproduksi tiga juta dosis vaksin.

Dimana proyek ini merupakan hasil kerja sama antara Perusahaan Pengembangan Industri (IDC) Zambia dan Perusahaan Teknologi Medis Internasional Jijia dari China.

Presiden Zambia Hakainde Hichilema saat upacara penandatanganan perjanjian di Gedung Negara di ibu kota Lusaka, mengatakan inisiatif ini sebagai langkah penting dalam upaya pemberantasan kolera.

"Kami juga ingin menunjukkan Zambia, Afrika, dan dunia dapat bekerja sama. Zambia harus dipandang sebagai pusat produksi barang untuk pasar yang lebih besar. Dan jika Anda melihat populasi Afrika, populasinya tumbuh sangat cepat," kata Hichilema, seperti dikutip dari Antara, Selasa (8/10/2024).

Hichilema mengatakan proyek ini menyelamatkan nyawa, sehingga tidak boleh ada ruang bagi birokrasi dalam pelaksanaannya.

Sebelum produksi dimulai, China berkomitmen menyumbangkan tiga juta dosis vaksin kolera untuk Zambia. 

Kolera telah lama menjadi masalah di wilayah tersebut, hingga dapat merenggut nyawa meski dapat disembuhkan jika penanganan cepat dilakukan. Kolera kerap muncul saat musim penghujan.

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close