Yogyakarta Siapkan Layanan Vaksinasi Penguat Massal Bagi Lansia

Nusantaratv.com - 12 Desember 2022

Arsip Foto. Petugas kesehatan menyuntikan vaksin COVID-19 kepada warga lansia di Yogyakarta, Kamis (22/4/2021). (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/wsj/pri)
Arsip Foto. Petugas kesehatan menyuntikan vaksin COVID-19 kepada warga lansia di Yogyakarta, Kamis (22/4/2021). (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/wsj/pri)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta menyiapkan pelayanan vaksinasi COVID-19 dosis penguat kedua secara massal bagi warga lansia, warga berusia 60 tahun ke atas, di kompleks Balai Kota Yogyakarta pada Kamis (15/12).

"Meskipun layanan sudah mulai berproses di puskesmas, tetapi kegiatan vaksinasi massal untuk booster (penguat) kedua lansia ini diharapkan menjadi kick-off vaksinasi dan semakin banyak warga lansia yang mengaksesnya," kata Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit dan Pengelolaan Data dan Sistem Informasi Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Lana Unwanah di Yogyakarta, Senin.

Menurut Lana, layanan vaksinasi dosis keempat atau dosis penguat kedua massal bagi warga lansia dibuka untuk warga Kota Yogyakarta maupun warga dari daerah lain yang sedang berada di Kota Yogyakarta.

Warga lansia yang ingin mengakses layanan vaksinasi massal bisa mendaftar via daring melalui aplikasi Jogja Smart Service (JSS). Syarat utamanya, warga yang bersangkutan berusia lebih dari 60 tahun dan sudah mendapat vaksinasi penguat pertama minimal enam bulan lalu.

"Pendaftaran (vaksinasi) sudah mulai dibuka," kata Lana.

Dinas Kesehatan membuka layanan pendaftaran vaksinasi via daring guna memudahkan penghitungan kebutuhan vaksin COVID-19 dan tenaga kesehatan untuk pelayanan vaksinasi.

Produk vaksin COVID-19 yang digunakan dalam pelayanan vaksinasi massal bagi warga lansia disesuaikan dengan stok vaksin pemerintah, yakni vaksin buatan Pfizer.

"Warga lansia yang sebelumnya mendapat vaksinasi booster dengan vaksin jenis lain seperti Sinovac, AstraZeneca, atau Moderna tetap bisa menerima vaksinasi booster Pfizer," kata Lana.

Dinas Kesehatan menyediakan pelayanan vaksinasi dosis penguat kedua bagi 200 warga lansia dalam pelaksanaan vaksinasi massal di kompleks Balai Kota Yogyakarta pada Kamis (15/12).

Lana mengatakan bahwa warga lansia sudah bisa mengakses pelayanan vaksinasi COVID-19 dosis penguat kedua di puskesmas sejak akhir November 2022.

"Sejak Kementerian Kesehatan mengizinkan pelaksanaan vaksinasi booster kedua lansia pada akhir November, maka sudah ada layanan di puskesmas meskipun tidak dalam skala besar," katanya.

Pelayanan vaksinasi penguat kedua untuk warga lansia dilakukan seiring dengan pelayanan vaksinasi reguler di puskesmas.

Warga lansia yang menjadi sasaran vaksinasi COVID-19 di Kota Yogyakarta sekitar 40 ribu orang dan 6,6 persen di antaranya sudah mengakses layanan vaksinasi penguat kedua.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])