Yayasan Pengkab Kulon Progo-Saemaul Bersinergi Mengembangkan Beras Menor

Nusantaratv.com - 21 November 2022

Direktur Saemaul Mr Kwon Lyuang-min meninjau lokasi pendampingan pengembangan tanaman padi Menor. (ANTARA/HO-Dinas Pertanian dan Pangan Kulon Progo/Sutarmi)
Direktur Saemaul Mr Kwon Lyuang-min meninjau lokasi pendampingan pengembangan tanaman padi Menor. (ANTARA/HO-Dinas Pertanian dan Pangan Kulon Progo/Sutarmi)

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Distrik Kulon Progo, Kecamatan Istimewa Yogyakarta, bekerja sama dengan Yayasan Saemaul Korea Selatan untuk mengembangkan potensi pertanian, salah satunya padi Menor di Kecamatan/Kapanewon Nanggulan.

Kepala Bidang Pertanian dan Pangan Kulon Progo, Senin, mengatakan dalam beberapa tahun terakhir, Kulon Progo mengembangkan padi varietas Menor seluas 350 hektare di Kecamatan Nanggulan.

"Direktur Saemaul Kwon Lyuang-min beserta rombongan melakukan kunjungan ke Kapanewon Nanggulan untuk melihat persiapan pelaksanaan kerja sama tersebut," kata Aris.

Ia mengatakan kerja sama ini menindaklanjuti kerja sama pemerintah DIY dan Korea Selatan. Selain itu, beberapa waktu lalu ada audiensi Yayasan Saemaul dengan Para Pelayat Kulon Progo, yang pada prinsipnya yayasan akan memberikan bantuan untuk pengembangan pertanian selama tiga tahun dengan lokasi sampel di Kapanewon Nanggulan.

Aris Nugroho memberikan penjelasan tentang potensi sawah dan potensi agribisnis padi Menor yang merupakan varietas unggul lokal padi yang telah ditetapkan sebagai varietas unggul nasional, di samping potensi agribisnis jamur.

"Kami berharap pengembangan agribisnis padi Menor di Kulon Progo berjalan dan meningkatkan kesejahteraan petani," katanya.

Sementara itu, Direktur Saemaul Kwon Lyuang-min mengatakan melalui kerjasama ini Saemaul Fiundation akan memberikan pendampingan dan pendampingan bagi agribisnis padi Menor di seluruh kalur/desa dan pendampingan agribisnis jamur khusus di Kalurahan Wijimulyo.

Kerja sama ini dapat berkembang untuk kiln lain dengan mempertimbangkan potensi di masing-masing cabang.

"Kami berharap kegiatan ini berhasil dan menjadi contoh pertama kerja sama pertanian dalam skala kapanewon dan bermanfaat bagi peningkatan pendapatan petani," ujarnya.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close