WNI Dievakuasi dari Ukraina Sudah Berada di Rumania, Hari Ini Dipulangkan ke Jakarta

Nusantaratv.com - 02 Maret 2022

Para WNI dievakuasi dari Ukraina/ist
Para WNI dievakuasi dari Ukraina/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Proses evakuasi para warga negara Indonesia (WNI) dari Ukraina untuk menghindari serangan militer Rusia, berjalan dengan baik. Kini para WNI tersebut sudah berada di Rumania. Mereka siap dipulang ke Jakarta pada hari ini, Rabu (2/3/2022).

Menurut salah satu staf Kedutaan Besar RI untuk Ukraina, Ludi Budianto, kloter pertama WNI tersebut akan diberangkatkan dari Bucharest menggunakan penerbangan khusus.

"Dari Bucharest jam 15.40 via Madinah, ke Soekarno Hatta," ujar Ludi.

Sementara itu, seorang keluarga staf KBRI di Jakarta yang berkomunikasi dengan keluarganya menjelaskan bahwa sebelum berangkat, para WNI harus menjalani tes PCR Covid-19.

"Yang negatif berangkat hari ini via Madinah. Yang positif menyusul dijadwalkan berbeda," katanya, mengutip CNNIndonesiacom.

Tapi ia tak menjelaskan berapa jumlah WNI yang diberangkatkan hari ini.

Baca juga: Sekelumit Tentang Ukraina yang Pernah jadi Bagian Uni Soviet dan Kini Ingin Dihancurkan Rusia

Hanya saja, ia memastikan, para WNI itu harus menjalani karantina selama lima hari di tempat yang sudah disediakan pemerintah sesampainya di Indonesia.

Sebelumnya, pada Selasa (1/3/2022), Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyebutkan total jumlah WNI yang keluar dari Ukraina sebanyak 99 orang.

"Sebanyak 99 WNI sudah keluar dari Ukraina, termasuk lima WNI yang melakukan evakuasi mandiri," kata Retno.

Evakuasi pertama WNI di Ukraina dilakukan pada Sabtu (26/2). Kemudian menyusul 25 WNI dievakuasi dari Odessa dan tiba di Bucharest pada Minggu (27/2).

Berikutnya, ada 6 WNI dan 1 WNA yang merupakan anggota keluarga warga Indonesia tersebut dievakuasi dari Lviv menuju Rzeszow, Polandia, pada Minggu (27/2). Empat WNI di Ternopil, Lviv juga berhasil dievakuasi ke Polandia di hari yang sama.

Lalu pada Senin (28/2), 59 WNI yang berada di Kiev berhasil dievakuasi ke Bucharest Rumania menggunakan jalur darat.    

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close