Website Sirekap KPU Mendadak Berubah, Tak Lagi Tampilkan Diagram Perolehan Suara

Nusantaratv.com - 05 Maret 2024

Gedung KPU/ist
Gedung KPU/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Tampilan Sirekap pada website Komisi Pemilihan Umum (KPU) mendadak berubah. Data diagram perolehan suara yang biasanya ditampilkan kini tidak muncul lagi.  

Perubahan tampilan ini terjadi sejak pukul 20.50 WIB. 

Begitu juga dengan chart hasil perolehan suara Pileg DPR, DPRD dan DPD.

Jumlah suara pasangan calon presiden dan wakil presiden serta persentasenya juga tidak terlihat. 

Jumlah suara pada Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang telah diinput dari Form C juga tidak diperlihatkan. 

Aplikasi Sirekap memang selalu jadi sorotan publik. Aplikasi yang bertujuan untuk transparasi proses Pemilu 2024 justru memicu banyak kontroversi, di antaranya faktor ketidakakuratan hingga dugaan penggelembungan suara. 

Baca juga: Soal Suara PSI Tiba-tiba Melonjak, Ini Dalih KPU

Penjelasan KPU

Komisioner KPU Idham Holik menjelaskan alasan hilangnya diagram perolehan suara Pilpres di real count Sirekap di https://pemilu2024.kpu.go.id.

Idham menyatakan saat ini KPU hanya akan menampilkan bukti otentik perolehan suara. Oleh sebab itu, Sirekap hanya menampilkan foto formulir model C Hasil plano.

Ia menjelaskan foto formulir model C Hasil plano adalah bukti otentik yang ditulis oleh KPPS di TPS yang disaksikan oleh saksi peserta pemilu dan diawasi oleh Pengawas TPS serta dipantau oleh pemantau terdaftar.

Selanjutnya, formulir model C Hasil plano di setiap TPS dibacakan oleh PPK dalam merekapitulasi perolehan suara peserta pemilu dan dituliskan dalam Lampiran Formulir Model D Hasil.

"Ketika hasil pembacaan teknologi Sirekap tidak atau kurang akurat dan belum sempat diakurasi oleh uploader (KPPS) dan operator Sirekap KPU Kab/Kota akan jadi polemik dalam ruang publik yang memunculkan prasangka," kata dia.

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close