Wapres Tekankan Moderasi Beragama dan Toleransi Kunci Rawat Kerukunan

Nusantaratv.com - 08 April 2023

Wapres KH Ma'ruf Amin dalam sambutannya yang disampaikan melalui konferensi video pada acara Peringatan Nuzulul Qur'an, 17 Ramadan 1444 H atau bertepatan dengan Jumat (7/4/2023) malam. (DAS/RJP - BPMI Setwapres)
Wapres KH Ma'ruf Amin dalam sambutannya yang disampaikan melalui konferensi video pada acara Peringatan Nuzulul Qur'an, 17 Ramadan 1444 H atau bertepatan dengan Jumat (7/4/2023) malam. (DAS/RJP - BPMI Setwapres)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin menekankan pentingnya moderasi beragama dan toleransi sebagai kunci dalam merawat kerukunan. Khususnya dalam memperkokoh persaudaraan antarsesama pada momentum bulan suci Ramadhan seperti saat ini.

"Moderasi dan toleransi beragama menjadi kunci terciptanya kerukunan," ujar Wapres dalam sambutannya yang disampaikan melalui konferensi video pada acara Peringatan Nuzulul Qur'an, 17 Ramadan 1444 H atau bertepatan dengan Jumat (7/4/2023) malam.

Menurut Wapres, dalam menjaga persatuan diperlukan pengelolaan moderasi beragama sebagai fondasi yang penting dalam membangun konsensus kesatuan bangsa.

"Manajemen moderasi beragama merupakan instrumen penting dalam mencegah konflik, membangun konsensus, serta menjaga persatuan dan kesatuan bangsa," lanjutnya.

Orang nomor dua di Tanah Air itu juga mengungkapkan soal kerukunan umat beragama. "Kerukunan umat adalah fondasi bagi persatuan dan kedamaian bangsa kita," tambah Wapres.

Lebih lanjut, Wapres menambahkan seluruh upaya pemerintah bersama para pemangku kepentingan dan juga masyarakat dalam memajukan Indonesia dapat terwujud melalui adanya kerukunan dan kolaborasi yang terencana dengan baik.

"Seluruh program, rencana dan kerja kebaikan demi mewujudkan visi Indonesia Maju hanya dapat dieksekusi jika bangsa kita rukun dan bersatu," jelas Wapres.

Pada acara dengan tema Momentum Merawat Kerukunan Umat ini, Wapres berharap agar masyarakat dapat terus meningkatkan kontribusi dalam menebar kedamaian antarsesama.

"Saya berharap umat Islam Indonesia dapat menjaga praktik kerukunan yang sudah baik ini, dan diharapkan berkontribusi lebih banyak lagi dalam mewujudkan dunia yang damai," imbuhnya.

Tak lupa, Wapres mengucapkan selamat memperingati Nuzulul Qur'an dan mengajak masyarakat untuk terus menjaga dan merawat kerukunan bersama.

"Saya mengajak kita semua untuk tidak letih merawat kerukunan umat, dan berkarya demi Indonesia. Selamat memperingati Nuzulul Qur'an. Selamat melanjutkan ibadah di bulan suci Ramadan," tukas Wapres.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD menyampaikan, komitmen bangsa dalam menjaga kerukunan merupakan sebuah hal yang wajib dan tidak dapat diganggu gugat.

"Kita agar terus berada di garis depan dalam merawat dan menjaga harmoni dalam keberagaman. Keberagaman telah memberikan bangsa Indonesia kekayaan yang amat mahal. Untuk itulah komitmen kita menjaga kerukunan adalah sesuatu yang wajib dan final," ungkap Mahfud.

Hadir pada kesempatan tersebut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Pariwisata Sandiaga Uno, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid, dan Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta Nasaruddin Umar.

Turut mendampingi Wapres, yakni Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Suprayoga Hadi dan Staf Khusus Wapres Masykuri Abdillah.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])