Wapres KH Ma'ruf Amin: Kurban Bukti Kepekaan Sosial untuk Berbagi Kepada Sesama Manusia

Nusantaratv.com - 09 Juli 2022

Wapres KH Ma'ruf Amin mengucapkan selamat Iduladha bagi seluruh umat Islam di Tanah Air dan di negara lain. (EP/RJP-BPMI Setwapres)
Wapres KH Ma'ruf Amin mengucapkan selamat Iduladha bagi seluruh umat Islam di Tanah Air dan di negara lain. (EP/RJP-BPMI Setwapres)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin mengatakan menyembelih hewan kurban memiliki dampak sosial yang positif. 

Sebab, kata orang nomor dua di Tanah Air itu, dagingnya diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan. "Kurban dapat menjadi bukti kepekaan sosial bagi kita untuk berbagi dan peduli kepada sesama apalagi pascapandemi Covid-19," ungkap Wapres KH Ma'ruf Amin dalam tayangan video ucapan Hari Raya Iduladha 1443H, Sabtu (9/7/2022).

Disebutkannya, menyembelih hewan kurban hukumnya sunnah muakkad atau sunnah yang sangat dianjurkan dilakukan. Bahkan, ungkap Wapres KH Ma'ruf Amin, ada ulama yang mewajibkan karena besarnya manfaat yang dihasilkan.

"Umat Islam sangat dianjurkan setidak-tidaknya sebagai sunnah muakkadah untuk menyembelih kurban. Bahkan di antara ulama ada yang mewajibkan untuk menyembelih kurban," lanjut Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) ke-7 (2015-2020) itu.

Lebih jauh, di tengah mewabahnya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak saat ini, dia mengimbau kepada para penyedia hewan kurban agar menyiapkan hewan yang terbebas dari PMK.

"Sebab berkurban dengan hewan yang terkena PMK hukumnya tidak sah. Di samping itu, daging dari hewan kurban tersebut nantinya akan didistribusikan dan dinikmati oleh masyarakat luas," tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Wapres KH Ma'ruf Amin mengucapkan selamat Iduladha bagi seluruh umat Islam di Tanah Air dan di negara lain. Dia berharap perayaan Iduladha kali ini semakin mempererat persaudaraan sesama manusia. 

"Selamat Hari Raya Iduladha 1443 Hijriah, semoga perayaan Iduladha ini dapat semakin meningkatkan keimanan, ketaatan, dan kepatuhan kita kepada Allah SWT," tukas Rais 'Aam Nahdlatul Ulama (NU) ke-10 (2015–2018) itu.

Diketahui, Wapres KH Ma'ruf Amin beserta Ibu Hj. Wury Ma'ruf Amin merayakan Hari Raya Iduladha 1443H ini di Tanah Suci Makkah sembari melaksanakan ibadah haji setelah mendapatkan undangan khusus dari Pemerintah Kerajaan Arab Saudi. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close