Wapres Harap Waisak Tingkatkan Kebahagiaan Umat Buddha

Nusantaratv.com - 16 Mei 2022

Wapres Ma'ruf Amin.
Wapres Ma'ruf Amin.

Penulis: Mochammad Rizki

​​​​​​Nusantaratv.com - Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin berharap momentum peringatan Hari Raya Waisak 2566 BE tahun ini dapat meningkatkan kebijaksanaan dan kebahagiaan umat Buddha di Tanah Air. 

"Saya mengharapkan momentum Waisak ini dapat meningkatkan kebijaksanaan dan kebahagiaan sejati bagi umat Buddha," ujar Ma'ruf dikutip dalam akun Instagram @wapresri.go.id, Senin (16/5/2022).

Bukan hanya itu, Ma'ruf juga berharap momentum Waisak tahun ini dapat menjadi perekat kerukunan dan toleransi antarumat beragama.

"Sekaligus menjadi perekat kerukunan dan toleransi antarumat beragama di Indonesia." ucapnya. 

Senada, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menilai seluruh umat Buddha Indonesia memiliki tanggung jawab ikut membangun masyarakat yang rukun damai dan sejahtera. Tujuan itu bisa dilakukan dengan memahami kebenaran Dharma yang hakiki.

Dirinya pun meminta kepada umat Buddha di Indonesia untuk perkuat moderasi beragama dan mempererat tali persaudaraan antarsesama.

"Ini sebagaimana diajarkan dalam Kitab Suci Dhammapada, syair 194, bahwa kelahiran para Buddha merupakan sebab kebahagiaan, pembabaran ajaran benar merupakan sebab kebahagiaan, persatuan merupakan sebab kebahagiaan, dan usaha perjuangan mereka yang telah bersatu merupakan sebab kebahagiaan," jelas Yaqut.

Diketahui, Waisak merupakan salah satu hari besar untuk pemeluk agama Buddha. Selayaknya perayaan tradisi agama lain, Waisak pun ditetapkan sebagai hari libur nasional di Indonesia. Hari Raya Waisak di Indonesia tahun ini jatuh pada hari ini, Senin, 16 Mei 2022.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])