Wapres: Berpuasa Bukan Sekadar Menahan Lapar dan Haus Tetapi Tentang Penghambaan kepada Allah

Nusantaratv.com - 02 April 2022

Wapres KH Ma'ruf Amin/ist
Wapres KH Ma'ruf Amin/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com - Pemerintah melalui Kementerian Agama telah menetapkan 1 Ramadhan 1443 atau awal puasa jatuh pada Minggu 3 April 2022. 

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyampaikan ucapan selamat menunaikan ibadah puasa bulan Ramadhan 1443 Hijriah kepada masyarakat. 

"Kepada umat Islam di seluruh Indonesia, saya mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa pada bulan suci Ramadan 1443 Hijriah. Semoga segala amalan yang kita lakukan dapat semakin meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT," kata Ma'ruf.

Ma'ruf menekankan, berpuasa bukan sekadar menahan diri dari makan dan minum, tetapi juga terkandung makna tentang penghambaan kepada Allah, keteladanan Rasulullah, pengorbanan, dan keikhlasan. 

Berpuasa, sambung Wapres, merupakan waktu yang tepat untuk mendekatkan diri kepada Allah sekaligus melakukan introspeksi diri, menjernihkan hati serta pikiran. Ia berharap, kegiatan keagamaan yang sudah dua tahun terdampak pandemi Covid-19 dapat berangsur membaik.

Baca juga: Puasa Ramadhan, Wapres: Momentum Meningkatkan Ketakwaan 

"Umat Islam agar semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan memperbanyak ibadah, tobat, istighfar, zikir, baca selawat, dan juga mengeluarkan sedekah," ujar Ma'ruf. 

"Serta berdoa kepada Allah SWT agar diberikan perlindungan dan keselamatan dari musibah dan marabahaya dalam rangka daf’i al-bala’ atau menolak bala, khususnya dari pandemi Covid-19," tambahnya, mengutip kompascom.

Wapres mengajak seluruh umat Islam untuk memperbanyak sedekah di bulan Ramadhan, bukan menjadikan Ramadhan sebagai bulan yang lebih konsumtif. 

"Bulan Ramadan juga merupakan momentum bagi umat Islam untuk melakukan penguatan solidaritas kemanusiaan serta momentum untuk memperkuat ukhuwah islamiyah, ukhuwah wathaniyah, dan ukhuwah insaniyah," tukas Ma'ruf. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close