Wamen BUMN Rosan Roeslani Turut Merayakan Hari Batik Nasional di Kantor Pusat Bank Dunia

Nusantaratv.com - 07 Oktober 2023

Wamen BUMN Rosan Roeslani turut merayakan Hari Batik Nasional di kantor pusat Bank Dunia/Instagram
Wamen BUMN Rosan Roeslani turut merayakan Hari Batik Nasional di kantor pusat Bank Dunia/Instagram

Penulis: Alamsyah

Nusantaratv.com - Setiap tanggal 2 Oktober bangsa Indonesia merayakan Hari Batik Nasional. Tidak hanya di Tanah Air, perayaan Hari Batik Nasional juga dirayakan masyarakat Indonesia di berbagai negara di dunia.

Pada Hari Batik Nasional 2023, Bank Dunia juga turut merayakannya di Kantor Pusat Bank Dunia di Washington DC, Amerika Serikat. 

Dalam acara yang diprakarsai oleh Direktur Eksekutif Bank Dunia untuk Asia Tenggara, Wempi Saputra, Wamen BUMN Rosan Roeslani nampak turut pula merayakan Hari Batik Nasional 2023.

Gelaran Hari Batik Nasional 2023 di kantor pusat Bank Dunia ini juga dihadiri oleh asosiasi pekerja bank dunia dan IMF yang berkolaborasi dengan Kedutaan Besar Indonesia dan dihadiri oleh lebih dari 300 orang tamu undangan.

Menurut Rosan Roeslani, seni membatik telah ada lebih dari 1.000 tahun lalu dan sudah diakui oleh UNESCO sebagai warisan tak benda dunia, sehingga setiap tanggal 2 Oktober selalu semarak diperingati sebagai Hari Batik Nasional.

"Saya juga menyampaikan bahwa batik memiliki nilai-nilai filosofi yang luhur dan sesuai dengan apa yang dianut oleh Bank Dunia seperti keberlanjutan, inovasi dan persatuan dalam keberagaman." ujar Rosan Roeslani dikutip dari Instagramnya.

Pada kesempatan itu Rosan Roeslani juga menyampaikan pesan dari Menteri Keuangan, Sri Mulyani tentang pentingnya batik.

"Ibu Sri Mulyani dalam sambutannya menyampaikan pentingnya batik bagi pertumbuhan dan pemberdayaan ekonomi perempuan di Indonesia, karena 47.000 UMKM berkontribusi secara signifikan terhadap tingginya jumlah perempuan yang bekerja di sektor usaha ini." lanjutnya. 

Acara juga berlangsung sangat meriah dengan penampilan berbagai budaya dan kesenian Indonesia seperti wayang, kolintang, angklung, tarian serta makanan khas Indonesia yang menggugah selera.

Seperti diketahui, Batik Indonesia telah diakui sebagai warisan budaya takbenda (intangible cultural heritage) oleh UNESCO pada 2 Oktober 2009.***

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])