Wali Kota Surabaya Terima Penghargaan Bidang Kesehatan Dari Kemenkes

Nusantaratv.com - 24/11/2022 19:05

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi (kiri) menerima penghargaan bidang kesehatan berupa pembina terbaik sentra pangan jajanan/kantin yang menerapkan higiene sanitasi pangan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI di Jakarta, Rabu (23/11/2022) malam. (ANTARA/HO-Diskominfo Surabaya)
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi (kiri) menerima penghargaan bidang kesehatan berupa pembina terbaik sentra pangan jajanan/kantin yang menerapkan higiene sanitasi pangan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI di Jakarta, Rabu (23/11/2022) malam. (ANTARA/HO-Diskominfo Surabaya)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menerima penghargaan bidang kesehatan berupa pembina terbaik sentra pangan jajanan/kantin yang menerapkan higiene sanitasi pangan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

"Penghargaan dari Kemenkes RI terkait dengan kantin dan lingkungannya, Surabaya menjadi juara umum dan satu-satunya yang menjadi Pembina Terbaik terkait (menerapkan higiene sanitasi) pangan," kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi di Balai Kota Surabaya, Kamis.

Pemberian penghargaan tersebut diterima Wali Kota Eri Cahyadi pada Puncak Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 di Jakarta, Rabu (23/11) malam.

Kegiatan ini ditujukan kepada seluruh Tempat Pengelolaan Pangan (TPP) yang ada di Indonesia. Adapun di Surabaya yang dinilai karena telah mengimplementasikan higiene sanitasi pangan sesuai Permenkes Nomor 14 Tahun 2021.

Penghargaan tersebut diberikan kepada Sentra Wisata Kuliner (SWK) Jambangan, SWK Convention Hall, Kantin SMP Negeri 42 Kota Surabaya sebagai kantin sehat dengan inovasi pembayaran menggunakan aplikasi Kate-Pay, serta Kantin Pusat Institut Teknologi Sepuluh (ITS) Nopember Surabaya (kantin sehat dengan inovasi KHAS/halal, aman dan sehat).

Untuk itu, kata dia, Kota Surabaya menjadi satu-satunya Pemberian Terbaik terhadap sentra pangan jajanan/kantin yang menerapkan Higiene sanitasi pangan.

Menurut dia, empat penghargaan tersebut bisa menjadi contoh bagi Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (Dinkopdag) dan Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya untuk segera menyalurkan penerapan higiene sanitasi pangan di SWK dan SMP Negeri lainnya.

"Kemarin saat uji coba,q menang di SMP Negeri 42 dan SWK Jambangan, serta SWK Convention Hall. Tempat ini berhasil dan akan segera diterapkan di tempatnya yang lainnya, semoga berhasil semuanya," ujar dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya Nanik Sukristina mengatakan, Wali Kota Eri Cahyadi tidak hanya mendapatkan penghargaan sebagai Pembina Terbaik Program Penyehatan Pangan Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2022, melainkan ikut memboyong sejumlah penghargaan lainnya yakni Penghargaan Sentra Pangan Jajanan/Kantin yang menerapkan Higiene sanitasi pangan diberikan

"SWK Jambangan mendapatkan penghargaan sebagai Terbaik Pertama dan SWK Convention Hall mendapatkan penghargaan sebagai Terbaik Kedua sentra pangan jajanan/ kantin kategori Instansi Pemerintah Daerah atas prestasinya sebagai sentra pangan jajanan/kantin yang memenuhi syarat higiene sanitasi Tahun 2022," kata Nanik.

Nanik menjelaskan, bahwa SWK Jambangan dan SWK Convention Hall juga menyediakan pangan jajanan yang memenuhi syarat higiene sanitasi dan masing-masing memiliki inovasi yang unik. Inovasi di SWK Jambangan adalah adanya kegiatan sosial Jumat Berkah, dimana setiap hari Jumat, para pedagang di SWK berbagi makanan dengan masyarakat tidak mampu di sekitar Kecamatan Jambangan.

Sedangkan, inovasi SWK Convention Hall adalah adanya kelompok difabel berjumlah 47 orang yang dibina dan dilatih kesenian oleh SWK Convention Hall.

"Selanjutnya adalah Kantin SMP Negeri 42 Kota Surabaya, sebagai Terbaik Pertama sentra pangan jajanan kantin kategori Institusi Pendidikan Sekolah Menengah Pertama atas prestasinya sebagai sentra pangan jajanan/kantin yang memenuhi syarat higiene sanitasi Tahun 2022," kata dia.*(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in