Wali Kota Bandar Lampung: "Terimakasih Nusantara TV, Atas Bantuan Set top Box Gratis ke Warga Lampung"

Nusantaratv.com - 14 Maret 2022

Nusantara TV dan PT Pos Indonesia salurkan 796 set top box gratis untuk rumah tangga miskin di Lampung. (NTV)
Nusantara TV dan PT Pos Indonesia salurkan 796 set top box gratis untuk rumah tangga miskin di Lampung. (NTV)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Jelang analog switch-off (ASO) tahap pertama pada 30 April mendatang, Nusantara TV (NTV) menyerahkan secara simbolis perangkat set top box (STB) untuk rumah tangga miskin kepada Wali Kota Bandar Lampung di Ruang Rapat Wali Kota Bandar Lampung, pada Senin (14/3/2022).

Seremonial pelepasan set top box bantuan Nusantara TV diterima secara simbolis oleh Wali Kota Bandar Lampung Hj. Eva Dwiana, yang selanjutnya didistribusikan oleh PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Utama Bandar Lampung.

Hadir dalam acara tersebut, Wali Kota Bandar Lampung Hj. Eva Dwiana, General Manager Kantor Pos Cabang Utama Bandar Lampung Risdayati, Direktur Operasional Nusantara TV Untung Pranoto, Dirjen Kemenkominfo Nina Tariana, Dewan Pembina Asosiasi Televisi Siaran Digital Indonesia sekaligus Owner TEGAR TV, Prof. Dr. Noerdiono dan Ketua KPID Lampung Budi Jaya.

"Hari ini penyerahan secara simbolis kepada Wali Kota Bandar Lampung, dan suatu kehormatan juga Kota Bandar Lampung merupakan kota pertama yang menerima pendistribusian set top box," jelasnya.

Sebagai Wali Kota, Hj. Eva Dwiana sangat mengapresiasi atas kerjasama antara PT Nusantara Media Mandiri dengan PT Pos Indonesia (Persero) untuk menyalurkan set top box dalam digitalisasi televisi.

"Merupakan suatu kehormatan kota Bandar Lampung menjadi kota pertama yang menerima pendistribusian set top box untuk keluarga miskin, dan jika harganya nggak mahal, kedepan Pemerintah Kota Bandar Lampung bisa menambahkan," ujar Hj. Eva Dwiana, di Bandar Lampung, Senin (14/3/2022).

Sementara itu, Risdayati selaku Eksekutif General Manager Kantor Pos Cabang Utama Bandar Lampung mengatakan Pos Indonesia siap mendukung pendistribusian set top box dalam program analog switch-off 1 (ASO-1) sebanyak 796 unit.

"Pendistribusian set top box untuk rumah tangga miskin akan dibagikan secara door to door oleh PT Pos Indonesia. Adapun mengenai lingkup kerja dari pendistribusian set top box Nusantara TV ini meliputi verifikasi data penerima, verifikasi kepemilikan TV analog, penyerahan set top box dan instalasi set top box," ungkap Risdayanti.

Sedangkan Direktur Operasional Nusantara TV Untung Pranoto mengatakan, pembagian set top box di Lampung merupakan komitmen Nusantara TV guna mendukung digitaliasi oleh pemerintah. 

"Pembagian set top box  di Lampung merupakan komitmen Nusantara TV guna mendukung digitalisasi oleh Pemerintah. Pada tahap pertama ASO ini, Nusantara TV sebagai penyelenggara mux menyerahkan ke Bali dan Lampung sesuai aturan yang ditetapkan pemerintah agar saudara kita yang belum memiliki TV digital tetap bisa mendapatkan informasi dan hiburan," ujar Untung Pranoto.

Salah satu warga Lampung penerima set top box gratis, Kartini mengatakan sangat berterima kasih atas pemberian tersebut. Menurutnya, pemberian set top box ini akan membuat dia dan kelurga dapat menikmati siaran TV digital dengan kualitas gambar dan suara yang baik.

"Terima kasih kepada Nusantara TV, PT Pos dan Kominfo telah memberikan set top box gratis. Ini bisa bikin TV kami nantinya terlihat jernih dan terang," ucap Kartini.

Diketahui, set top box gratis kepada rumah tangga miskin merupakan program pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo). Nusantara TV memberikan bantuan set top box untuk wilayah Bali sebanyak 2.204 unit dan Lampung sebanyak 796 unit.

Sementara itu, PT Pos Indonesia (Persero) dipercaya sebagai pihak yang akan mendistribusikan bantuan set top box gratis kepada rumah tangga miskin di seluruh Indonesia. Rumah tangga miskin akan menerima set top box gratis mulai 15 Maret hingga 30 April 2022. Di mana ASO tahap pertama akan dilakukan pada 30 April 2022, yang berlangsung di 56 wilayah layanan siaran atau 166 kabupaten/kota. 

Sedangkan tahap kedua pada 25 Agustus 2022, yang berlangsung di 11 wilayah layanan siaran atau 110 kabupaten/kota. Sementara untuk tahap ketiga pada 2 November 2022, yang berlangsung di 25 wilayah layanan siaran atau 65 kabupaten/kota.

Usai acara serah terima set top box gratis dengan Wali Kota Bandar Lampung, Direktur Operasional Nusantara TV, Untung Pranoto menyempatkan diri mengunjungi Kantor Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Lampung dan diterima langsung oleh Budi Jaya, Ketua KPID Lampung.

Foto: Direktur Operasional Nusantara TV Untung Pranoto saat bertemu Ketua KPID Lampung, Budi Jaya.
 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close