Wakil Gubernur NTB: Pembangunan Harus Berorientasi Pada Lingkungan

Nusantaratv.com - 28 Juli 2022

Penyerahan Sertifikat Akreditasi UPTD Balai Laboraturium Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan oleh Komite Akreditasi Nasional Kepada Pemerintah Provinsi NTB, Rabu (27/7/2022). Foto (Istimewa)
Penyerahan Sertifikat Akreditasi UPTD Balai Laboraturium Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan oleh Komite Akreditasi Nasional Kepada Pemerintah Provinsi NTB, Rabu (27/7/2022). Foto (Istimewa)

Penulis: Gabrin | Editor: Supriyanto

Nusantaratv.com - Wakil Gubernur NTB, Sitti Rohmi Djalilah mengajak seluruh masyarakat agar pembangunan di Provinsi NTB berorientasi pada lingkungan.

Hal tersebut disampaikan Wagub Sitti dalam acara Penyerahan Sertifikat Akreditasi UPTD Balai Laboratorium Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan oleh Komite Akreditasi Nasional Kepada Pemerintah Provinsi NTB, Rabu (27/7/2022).

"Mari kita stop untuk melakukan pembangunan yang tidak berorientasi lingkungan, apalagi dunia saat ini orientasinya adalah blue, green and circular economy" ujar Sitri.

Sitti menjelaskan, Pemprov NTB sangat-sangat konsisten untuk mengatasi masalah lingkungan, Menyejahterakan masyarakat dan melestarikan lingkungan. 

Menurut Sitti, tidak ada alasan untuk kesejahteraan kemudian mengorbankan lingkungan, apapun itu. Karena ketika lingkungan dan sirkulasi kehidupan tidak di perhatikan, maka perbuatan-perbuatan itu nanti yang akan mendatangkan kerugian.

"Alhamdulillah NTB dan Indonesia komit untuk itu, selain itu NTB juga komit untuk zero emission. Jadi kalau Indonesia optimis 2060, NTB komit untuk zero emission 2050", harapnya.

Lebih lanjut, Sitti menjelaskan untuk zerowaste atau NTB bersih, progresnya terus berjalan. Dari yang awalnya 2018 sekitar 20 persen sampah terkelola, saat ini sudah 50 persen. Namun memang PR nya masih banyak sehingga menjadi PR bersama untuk bagaimana bisa dikolaborasikan dengan baik. Begitu juga dengan KLH di NTB, selalu lebih tinggi dari target nasional yang juga merupakan berkat kerja sama semua pihak DLHK.

"Kembali diingatkan bahwa warisan terbaik bagi anak cucu kita adalah lingkungan yang baik dan lingkungan yang sehat. Karena dengan itu generasi yang akan datang bisa survive dan Indonesia akan bisa bersaing dalam level dunia," katanya.

"Mari kita sungguh-sungguh dalam membangun lingkungan ini. Perusahaan silahkan beroperasi tapi ingat jangan sampai merusak lingkungan. Sehingga praktek menjaga lingkungan itu menjadi top priority. Percayalah kalau perusahaan beroperasi dengan lingkungan yang baik maka nanti hasilnya secara keseluruhan jauh akan lebih baik. Begitupun sebaliknya", pungkas Sitti.

Sitti juga mengucapkan selamat kepada Balai Laboratorium Lingkungan atas akreditasinya. Beliau juga berpesan agar Laboratorium harus dikelola profesional, dan meningkatkan pelayanan yang berkualitas. Karena kualitas pelayanan adalah yang utama.

Kegiatan tersebut dirangkai dengan Penyerahan Bantuan Sarana Prasana Persampahan dan Pemberian Penghargaan bagi Perusahaan Pemenang PROPER. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close