Wakil Gubernur NTB Minta Kades Fokus Bangun Kesehatan Desa

Nusantaratv.com - 12 Agustus 2022

Wakil Gubernur NTB, Sitti Rohmi Djalilah (tengah) saatmengunjungi Posyandu Melati di Dusun Bongor, Desa Batu Nyala, Kecamatan Praya Tengah, Kabupaten Lombok Tengah, NTB pada Rabu(10/8/2022). Foto (Istimewa)
Wakil Gubernur NTB, Sitti Rohmi Djalilah (tengah) saatmengunjungi Posyandu Melati di Dusun Bongor, Desa Batu Nyala, Kecamatan Praya Tengah, Kabupaten Lombok Tengah, NTB pada Rabu(10/8/2022). Foto (Istimewa)

Penulis: Gabrin | Editor: Supriyanto

Nusantaratv.com - Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat, Sitti Rohmi Djalillah menegaskan, pembangunan desa harus fokus pada kesehatan. 

Hal tersebut disampaikan Wagub Sitti saat mengunjungi Posyandu Melati di Dusun Bongor, Desa Batu Nyala, Kecamatan Praya Tengah, Kabupaten Lombok Tengah, NTB pada Rabu(10/8/2022).

"Stunting itu program nasional dan berbasis pembangunan berkelanjutan. Anggaran desa harus lebih banyak untuk peralatan dan penghargaan pada kader Posyandu", ujar Wagub Siiti.

Dikatakan Wagub Sitti, Prioritas pembangunan seperti ini dilakukan karena sektor kesehatan dasar yang diampu oleh Posyandu Keluarga bisa menyelesaikan masalah lebih besar. Penanganan gizi, stunting, bayi, balita, ibu hamil dan lansia memastikan sumberdaya manusia siap mendukung program pembangunan lainnya. 

"Saya minta kepala desa fokus dalam penggunaan anggaran dana desa karena anggaran yang dibutuhkan setiap tahunnya juga tak terlalu besar namun signifikan karena tepat sasaran," tegasnya.

Wagub juga meminta Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) di desa bekerja profesional dan berkelanjutan. 

Sementara itu, Kepala Desa Batu Nyala, Zaenudin mengakui meski kasus stunting menurun setiap bulannya, akumulasinya masih terbilang besar. 

"Per bulan ini masih ada belasan kasus dari 45 kasus di bulan April lalu", jelasnya.

Zaenudin menjelaskan, beberapa fasilitas Posyandu juga masih terdapat kekurangan seperti alat timbang digital dan penunjang lainnya. Namun ia memastikan para kader Posyandu mendapatkan honor standar setiap bulannya. Iapun memastikan perbaikan anggaran kesehatan melalui Posyandu.

Dalam kesempatan tersebut, Wagub Sitti juga mengunjungi Posyandu Keluarga di Dusun Tembeng dan meminta kader Posyandu memastikan kecukupan protein telur bagi balita dan meminta kegiatan pelayanan tetap aktif dilakukan. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close