Wagub Lampung: Antisipasi Bencana Perlu Sinergi Semua Pihak

Nusantaratv.com - 12 Desember 2022

Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim saat memberi keterangan. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.
Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim saat memberi keterangan. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Wakil Gubernur (Wagub) Lampung Chusnunia Chalim mengatakan dalam mengantisipasi potensi bencana alam di daerahnya perlu sinergi semua pihak.

“Tentu kita tidak menghendaki terjadinya bencana alam di Lampung, sehingga perlu dilakukan beberapa langkah antisipatif salah satunya dengan menjaga sinergi antara pemerintah dan masyarakat,” ujar Chusnunia Chalim di Bandarlampung, Senin.

Ia mengatakan langkah pencegahan akan terjadinya potensi beragam bencana alam oleh masyarakat, dapat dilakukan dengan melakukan perbaikan perilaku keseharian agar lebih menjaga lingkungan.

“Memang perlu bantuan dari masyarakat untuk mencegah adanya bencana alam terutama yang berkaitan dengan bencana hidrometeorologi. Dengan memperbaiki perilaku dan kebiasaan tidak membuang sampah sembarangan, memilah sampah rumah tangga secara mandiri sebab kesadaran tentang pengelolaan sampah terutama di perkotaan penting sekali,” katanya.

Dia melanjutkan dengan adanya perubahan perilaku dan kebiasaan oleh masyarakat. Akan diperlengkapi dengan kebijakan dan perbaikan infrastruktur yang berguna untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam.

“Jadi nanti pemerintah akan melakukan pembenahan infrastruktur seperti drainase atau parit untuk mencegah banjir, pembuatan TPA terpadu, lalu membuat kebijakan mencegah deforestasi dan melakukan reboisasi hutan agar tidak longsor. Sedangkan untuk mengantisipasi gempa bumi dan bencana yang tidak dapat diprediksi sudah adapula dana tanggap darurat,” tambahnya.

Menurut dia, melalui sinergi antara pemerintah dengan masyarakat dalam melakukan langkah pencegahan terjadinya bencana alam, dapat menjadi cara yang cukup efektif untuk mengurangi korban jiwa.

“Upaya pencegahan ini memang penting dilakukan sejak dini, dan terus disosialisasikan. Sebab tanpa peran masyarakat untuk mengubah perilaku maka kebijakan atau perbaikan infrastruktur tidak akan maksimal dalam mengatasi terjadinya bencana alam,” ucap dia lagi.

Sebelumnya Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan adanya potensi hujan lebat yang dapat disertai petir di sejumlah wilayah provinsi di Indonesia, termasuk beberapa kota besar salah satunya Lampung yang berpotensi mengalami hujan lebat yang disertai petir.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])