Waduh! Sudah 90 Petugas PPS Meninggal Selama Pemilu

Nusantaratv.com - 23 Februari 2024

Petugas penyelenggara Pemilu 2024 di Bali. (Antara)
Petugas penyelenggara Pemilu 2024 di Bali. (Antara)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mencatat 90 petugas Panitia pemungutan suara (PPS) meninggal dunia. Dari total 90 petugas tersebut, 60 orang merupakan petugas KPPS dan 30 orang lainnya petugas ketertiban TPS.

"Sampai dengan saya menyampaikan informasi ini, hari ini Jumat 23 Februari, data yang kami terima dari teman-teman KPU provinsi, KPU kabupaten/kota, petugas PPS yang meninggal ada 90 orang," ujar Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari dalam konferensi pers di kantornya, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (23/2/2024).

"Kemudian kalau dibuat rincian, anggota KPPS yang meninggal ada 60 orang, dan anggota petugas ketertiban sebanyak 30 orang," imbuhnya.

Hasyim menjelaskan, beberapa di antaranya sudah diberikan santunan. Ia mengatakan sebanyak 20 petugas PPS yang meninggal dunia telah diberikan santunan.

"Yang telah diberikan santunan, sehubungan dengan meninggalnya atau wafatnya para petugas sebanyak 20 orang petugas PPS yang meninggal," jelas dia.

Hasyim menuturkan beberapa diantaranya masih dalam proses pemberian. Hasyim menyebut besar santunan sesuai surat Menteri Keuangan ialah Rp 36 juta.

"Selebihnya masih dalam proses (pemberian santunan), kemudian besar santunan sebagaimana Surat Menteri Keuangan S-647/MK.02/2022 melalui Satuan Biaya Masukan Lainnya (SBML) Tahapan Pemilihan Umum dan Tahapan Pilkada, adalah untuk yang meninggal Rp 36 juta dan untuk biaya bantuan pemakaman Rp 10 juta," tuturnya.

Walau demikian, Hasyim menyampaikan duka cita atas meninggalnya para petugas PPS tersebut. Dirinya pun menghaturkan terima kasih atas dedikasi yang diberikan terhadap pelaksanaan Pemilu.

"Tentu saja pada kesempatan ini kami turut berduka cita kepada saudara kita para anggota PPS yang meninggal dan kami mengucapkan terima kasih kepada keluarganya yang telah memberikan kesempatan kepada para almarhum pada pemungutan penghitungan suara 14 Februari," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close