Waasintel Kasad Kawal Pendistribusian Bantuan Korban Gempa Cianjur

Nusantaratv.com - 08 Desember 2022

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman saat melepas keberangkatan bantuan untuk korban gempa Cianjur, Jawa Barat di Mabesad, Jakarta, Selasa (6/12/2022). ANTARA/HO-Dispenad
Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman saat melepas keberangkatan bantuan untuk korban gempa Cianjur, Jawa Barat di Mabesad, Jakarta, Selasa (6/12/2022). ANTARA/HO-Dispenad

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Wakil Asisten Intelijen Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Bidang Jemen Intel Brigjen TNI Antoninho Rangel Da Silva mengawal pendistribusian bantuan kepada korban gempa di Desa Mangunjaya, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.  

"Pendistribusian bantuan Kasad berjalan lancar, aman, dan terkendali serta tepat sasaran sampai di tenda-tenda pengungsian. Diharapkan dapat bantuan tersebut dapat meringankan beban saudara-saudara kita tercinta, masyarakat Cianjur, Jawa Barat yang menjadi korban bencana," kata Antoninho dalam siaran persnya di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, bantuan bagi korban gempa itu merupakan bantuan lanjutan dari Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman.  

"Ini merupakan peran TNI dalam memberikan bantuan penanggulangan bencana yang telah diatur dalam UU No 34 tahun 2004 di mana dalam melaksanakan salah satu tugas pokoknya bersama-sama dengan instansi pemerintah lainnya membantu fungsi pemerintah untuk mengembalikan kondisi keamanan negara yang terganggu akibat kekacauan, salah satunya karena bencana alam," paparnya.

Dalam proses pendistribusian bantuan, tim di lapangan berpegang teguh pada standar operasi prosedur (SOP), sehingga diharapkan bantuan tersebut dapat disalurkan secara efektif, efisien, cepat dan tepat sasaran.

Bantuan disebar di empat lokasi pengungsian, yakni Kampung Sungareun RT2/6, Desa Wangunjaya Kecamatan Cugenang; Kampung Pasir Muncang RT4/2, Desa Wangunjaya, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur. 

Selain itu, Kampung Pasir Muncang RT4/2, Desa Wangunjaya, dan camp pengungsi Yayasan Judururahman (Sekolah Alam Islam JNR) Kampung Cikendil RT3/4 Desa Cikendil Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur. Di tiap-tiap sasaran bantuan diserahkan secara simbolis oleh Brigjen TNI Antoninho Rangel Da Silva.

Ikut mendampingi dalam kegiatan tersebut antara lain Kol. Inf Agustinus Dedi P (Sintelad), Letkol Arh Tengku Sonny Sontha (Sintelad), Letkon Cku Okyy B (Sintelad), Letkol Inf Teguh Wibowo (Sintelad), Mayor Inf Zayed (Sintelad).  

Sebelumnya, Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman melepas keberangkatan 10 truk yang membawa bantuan sosial untuk korban gempa Cianjur, Jawa Barat di Mabesad, Jakarta, Selasa (6/12).

Bantuan sosial itu berupa sembako, kebutuhan dan makanan anak-anak, mie instan, obat-obatan serta pakaian untuk korban gempa Cianjur.

Keberangkatan 10 unit truk tersebut diikuti relawan dari komunitas "off road" dan komunitas trail trabas untuk membantu pendistribusian ke Kampung Pasir Muncang, Kampung Cipicung dan Kampung Sungareun, serta Panti Asuhan di Desa Wangun Jaya, Kecamatan Cugenang, Cianjur.

Jenderal Dudung menyampaikan bahwa bantuan yang kembali dikirimkan bagi korban gempa di Cianjur ini merupakan komitmen serta kepedulian TNI AD untuk mendukung penanganan bencana di Cianjur.

"Upaya yang dilakukan ini merupakan bentuk simpati dan kepedulian terhadap sesama yang sedang mengalami musibah, dengan harapan bantuan ini memberikan manfaat untuk dapat meringankan dan mempercepat pemulihan kondisi korban terdampak bencana," ujar Dudung.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])