Vladimir Putin Perintahkan Pasukan Nuklir dalam Siaga Tinggi

Nusantaratv.com - 28 Februari 2022

Presiden Rusia Vladimir Putin. (Remy Steinegger/World Economic Forum)
Presiden Rusia Vladimir Putin. (Remy Steinegger/World Economic Forum)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Presiden Rusia Vladimir Putin pada Minggu (27/2/2022) memerintahkan kepala pertahanan negara itu untuk menyiapkan pasukan nuklir dalam siaga tinggi.

Dia menuding Barat mengambil langkah-langkah tidak bersahabat terhadap negaranya. Ketegangan internasional telah meningkat akibat invasi Rusia ke Ukraina, dan perintah Putin akan menimbulkan kekhawatiran lebih lanjut.

Moskow memiliki gudang senjata nuklir terbesar kedua di dunia dan sejumlah besar rudal balistik yang menjadi kekuatan utama pasukan pencegah negara itu.

"Saya memerintahkan Menteri Pertahanan dan Kepala Staf Umum Angkatan Bersenjata Rusia untuk menempatkan pasukan pencegahan tentara Rusia ke dalam mode layanan tempur khusus," kata Putin dalam pernyataannya, dikutip dari AFP, Senin (28/2/2022).

"Anda lihat bahwa negara-negara Barat tidak hanya tidak bersahabat dengan negara kita di bidang ekonomi - maksud saya sanksi tidak sah," tambahnya, dalam pidato yang disiarkan televisi.

"Pejabat senior negara-negara NATO terkemuka juga mengizinkan pernyataan agresif terhadap negara kami," jelas Putin.

Pada Kamis (24/2/2022), Putin memerintahkan invasi ke Ukraina, yang mengejutkan dunia. Pasukan darat Rusia telah menekan ke Ukraina dari utara, timur dan selatan tetapi menghadapi perlawanan sengit dari pasukan Ukraina, intensitas yang mungkin mengejutkan Moskow, menurut sumber-sumber Barat.

Pihak berwenang Ukraina menggambarkan beberapa pasukan Rusia sebagai orang yang mengalami demoralisasi dan kelelahan, mengklaim puluhan tentara telah menyerah.
 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close