Viral Rekapitulasi di Kecamatan Disetop, KPU Kasih Penjelasan Begini..

Nusantaratv.com - 19 Februari 2024

Kantor KPU RI. (Antara)
Kantor KPU RI. (Antara)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI angkat bicara mengena adanya informasi penghentian sementara rekapitulasi hasil perolehan suara Pemilu 2024 di tingkat kecamatan. KPU membantah hal itu dan memastikan bahwa proses rekapitulasi tetap berjalan.

Berdasarkan foto yang beredar, Senin (18/2/2024), nampak isi pengumuman yang meminta rapat rekapitulasi tingkat kecamatan di Malinau Utara dihentikan dan dilanjutkan pada 20 Februari 2024. Ini disebutkan sesuai dengan informasi dari KPU Provinsi Kaltara.

Ketua Divisi Teknis KPU RI Idham Holik menjelaskan, proses rekapitulasi tetap berjalan. Bahkan, lanjut dia, ada 33 PPK yang telah menyelesaikan proses rekapitulasi.

"Hari kemarin itu ada 33 PPK yang telah menyelesaikan proses rekapitulasinya, dan ada ratusan PPK yang melangsungkan rapat rekapitulasi termasuk di daerah DKI Jakarta," ujarnya, Senin (18/2/2024).

"Di sana (di Malinau Utara) iitu berlangsung rapat rekapitulasi yang saya tahu ya," imbuh dia.

Idham menjelaskan, saat ini proses rekapitulasi di daerah terus berjalan. "Ada ratusan PPK yang melangsungkan rekapitulasi," ucapnya.

Walau demikian, Idham mengakui memang sempat ada penghentian data di Sirekap. Ini terjadi gara-gara KPU tengah melakukan sinkronisasi data.

"Sebab hari kemarin dan hari ini kami sedang fokus melakukan sinkronisasi data, tampilan di website pemilu2024kpu.go.id," kata dia.

Idham menuturkan, sinkronisasi itu dilakukan dalam rangka untuk memenuhi hak informasi publik. KPU terus berupaya memberikan informasi akurat terkait publikasi perolehan suara peserta Pemilu di setiap TPS.

"Kami itu coba menyampaikan, mari kita fokus akurasi data tampilan website pemilu2024.kpu.go.id dengan data otentik formulir model c hasil," pungkas Idham.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close