Valdimir Putin Diprediksi Kembali Terpilih di Pilpres Rusia 2024 yang Dimulai Hari Ini

Nusantaratv.com - 15 Maret 2024

Valdimir Putin/ist
Valdimir Putin/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Pemilihan Presiden (Pilpres) Rusia 2024 akan digelar mulai hari ini, Jumat (15/3/2024) hingga 17 Maret. 

Presiden Vladimir Putin yang berstatus petahana diprediksi akan kembali terpilih menjadi presiden. Putin akan kembali berkuasa hingga setidaknya tahun 2030-an.

Pasalnya, dalam Pilpres 2024 Putin dianggap tidak memiliki pesaing berat setelah Alexei Navalny, yang meninggal di penjara bulan lalu. 

Selain itu Putin juga sangat populer di kalangan warga Rusia. Sebuah organisasi jajak pendapat non-pemerintah Levada Center melaporkan tingkat dukungan terhadap Putin lebih dari 80%.

Melesatnya dukungan terhadap Putin terjadi akibat perang Rusia ke Ukraina. Perang tersebut memberikan pesan nasionalis yang membuat Putin dieluk-elukan warga Rusia.

Baca juga: Putin Tegaskan Rusia Bakal Bekerja Sama dengan Presiden AS Terpilih 

Levada Center menegaskan mungkin peningkatan inflasi dan kenaikan harga pangan berdampak jangka panjang pada suasana hati masyarakat Rusia. Apalagi proporsi warga yang mengurangi pengeluarannya semakin meningkat.

"Namun bukan berarti warga Rusia berharap pemilu ini akan mengubah arah negaranya. Putin mendapat banyak manfaat dari sikap apatis," muat lembaga itu.

"Kebanyakan orang Rusia belum pernah menyaksikan transfer kekuasaan secara demokratis antara partai-partai politik yang bersaing secara tradisional," jelasnya lagi.

Sementara itu, mantan penulis pidato Putin Abbas Gallyamov mengatakan sebenarnya ketidakpuasan terhadap presiden meningkat di Rusia. Namun, ia mengatakan, Putin telah berupaya menghilangkan para pemimpin oposisi dari masyarakat untuk setidaknya memastikan ketidakpuasan tersebut tetap "tidak terstruktur".

Di Pilpres Rusia 2024 ada tiga kandidat yang akan menantang Putin yakni Nikolay Kharitonov dari Partai Komunis, Leonid Slutsky dari Partai Demokrat Liberal Rusia dan Vladislav Davankov yang kini menjabat Wakil Ketua Duma Rusia.

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close