Vaksin Covid-19 Booster Diusulkan jadi Syarat Perjalanan

Nusantaratv.com - 24 Juni 2022

Para penumpang sedang antre di bandara/ist
Para penumpang sedang antre di bandara/ist

Penulis: Andi Faisal | Editor: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Setelah sempat melandai beberapa bulan, kasus covid-19 di Indonesia kembali melonjak. Dari sebelumnya hanya ratusan, kini jumlah kasus harian covid-19 di Tanah Air telah mencapai ribuan kasus. 

Diduga lonjakan kasus yang terjadi saat ini disebabkan penyebaran subvarian Omicron BA.4 dan BA.5. 

Melihat kondisi ini, pemerintah perlahan mulai kembali memperketat peraturan di masyarakat, salah satunya booster

Apakah ke depannya vaksin booster akan menjadi persyaratan perjalanan?

Juru bicara Kementerian Kesehatan RI dr Mohammad Syahril mengungkapkan vaksin booster sebagai persyaratan perjalanan sudah pernah diterapkan saat musim mudik lalu. Namun, bisa jadi kebijakan ini kembali diterapkan lagi.

"Dan juga kita akan upayakan untuk bagaimana menekan ini (kasus COVID-19) dengan cara booster tadi. Bisa saja kita mengusulkan persyaratan perjalanan itu harus booster," jawab dr Syahril, Jumat (24/6/2022).

"Tetapi, ini menjadi kewenangan dari pemerintah. Tetapi, ini menjadi kewenangan dari pemerintah pusat sekaligus menjadi kesepakatan bersama. Kalau ini memang dianggap sebagai hal yang paling baik, maka kita akan lakukan untuk bangsa dan negara ini," jelas dia, mengutip detikcom.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan juga tengah mempertimbangkan kemungkinan vaksin booster COVID sebagai syarat perjalanan. Hal ini akan dilakukan jika angka COVID-19 masih terus naik.

"Kalau angka ini masih terus juga naik belum terhenti, kita akan mungkin membuat persyaratan perjalanan harus booster. Ini demi kita semua," ujar Luhut, Kamis (23/6/2022).

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])