Vaksin Covid-19 akan Berbayar Mulai 2024, Segini Harganya

Nusantaratv.com - 20 Desember 2023

Vaksin Covid-19/ist
Vaksin Covid-19/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Pemerintah akan mengakhiri kebijakan gratisnya untuk vaksin Covid-19. Rencananya vaksin Covid-19 akan dibuat berbayar mulai 2024. Nantinya aturan akan berlaku bagi masyarakat mampu. 

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memperkirakan harga vaksin Covid-19 akan mencapai ratusan ribu. Tapi ia masih belum mau memberikan bocoran harga pastinya. 

"Batasan harganya itu nanti kita mau review lagi. Apakah kita atur atau lepas aja ke pasar. Nanti kan masyarakat jadi punya pilihan," ucap Budi Gunadi Sadikin, Rabu 20 Desember 2023. 

Namun Budi Gunadi Sadikin memastikan harga vaksin Covid-19 adalah ratusan ribu Rupiah untuk sekali suntik. 

"Ratusan ribu dan itu kan 6 bulan sekali ya," ucapnya.

Baca juga: Singapura Siapkan Stok Vaksin Covid-19 Hadapi Varian Eris

Lebih lanjut Budi menjelaskan nantinya vaksin Covid-19 berbayar tahun 2024 juga dapat diakses masyarakat  melalui klinik dan rumah sakit swasta. 

"Tahun depan, kita rencananya membuka klinik-klinik swasta, rumah sakit swasta kalau mau mengadakan vaksin Covid-19 sendiri sudah bisa," ujarnya.

Terpisah, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan Covid-19 sudah berubah status dari pandemi jadi endemi di Juni 2023. Dengan diberlakukannya status endemi, pembiayaan vaksin Covid-19 tak lagi gratis. 

Tapi pada waktu itu, pemerintah bukan berarti lepas tangan soal pembiayaan vaksin Covid-19. Dijelaskan jika skema biaya masih bisa ditanggung oleh BPJS Kesehatan. 

"Yang dimaksud tidak ditanggung lagi oleh pemerintah itu tidak lagi menggunakan anggaran kedaruratan Covid-19. Penanganan dialihkan melalui skema BPJS Kesehatan,” jelas Muhadjir.

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close