Usahanya Rugi Bos Warung Bakso Salahkan Anak Buah, Perhiasan-Motor Karyawan Disita

Nusantaratv.com - 03 November 2023

Ilustrasi. (Net)
Ilustrasi. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Pegawai warung bakso di Jalan Prambanan, Kelurahan Tamanbaru, Kecamatan/Kabupaten Banyuwangi mengeluhkan sikap bosnya. Sebab, barang-barang berharga mereka disita bosnya, gara-gara usaha rumah makan itu rugi.

Para pekerja diminta menyerahkan perhiasan hingga sepeda motor sebagai jaminan. Pasalnya warung bakso tempat mereka kerja mengalami kerugian hingga Rp 60 juta. Padahal, kerugian itu bukan kesalahan para pekerja.

Albar, salah seorang karyawan warung bakso mengungkapkan, peristiwa tersebut bermula pada Sabtu (28/10/2023), sekitar pukul 20.00 WIB. Saat itu para pekerja siap-siap untuk pulang.

Bos warung bakso pun mengajak diskusi para pekerjanya. Di depan para pekerjanya, sang bos bercerita bahwa usahanya rugi Rp 60 juta selama 4 bulan. Anehnya, pemilik warung bakso itu malah meminta pekerja menyerahkan barang berharganya sebagai jaminan.

"Pemilik meminta jaminan atas kerugian tersebut. Kita juga tidak diperkenankan pulang jika belum ada jaminan ganti rugi," ujar Albar, Kamis (2/11/2023).

Perdebatan berlangsung hingga pukul 03.00 WIB dini hari. Ujung-ujungnya, pekerja warung bakso itu tetap menyerahkan barang berharga mulai perhiasan hingga sepeda motor. Pilihan ini terpaksa dipilih karena pekerja sudah lelah berdiskusi dan ingin segera pulang.

"Setelah ada jaminan itu baru kami bisa pulang. Waktu itu sekitar jam 3 pagi baru bisa pulang ke rumah. Kami juga dipaksa untuk membuat surat pernyataan," kata Albar.

Guna memperjuangkan hak dan menyampaikan keberatan, seluruh karyawan warung bakso itu pun melapor ke Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Banyuwangi, Selasa (31/10/2023).

"Terlebih ijazah kami sudah ditahan sejak awal masuk kerja sebagai jaminan, jadi lapor untuk memperjuangkan hak," tandasnya. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close