Urus Kemiskinan, September Menko PMK Berkantor di Papua

Nusantaratv.com - 23 Agustus 2023

Menko PMK Muhadjir Effendy. (Antara)
Menko PMK Muhadjir Effendy. (Antara)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy bakal berkantor di Papua. Muhadjir akan berkantor di sana guna mengatasi persoalan kemiskinan.

Ini disampaikan Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Andi Megantara. Andi menjawab pertanyaan wartawan apakah Muhadjir juga bakal menyusul Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin yang bakal berkantor di Papua.

Diketahui, Ma'aruf Amin bersama sejumlah menteri dan Panglima TNI akan berkantor di Papua pada awal September 2023. Andi mengatakan Muhadjir kemungkinan akan memulai kegiatan berkantornya di Papua pada awal bulan September.

"Kalau apakah Pak Menko akan ikut berkantor? Ikut. Kalau enggak salah tanggal 3 atau 4 September," ujar Andi kepada wartawan di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Rabu (22/8/2023).

Sementara, Plt Deputi Bidang Koordinasi Pemerataan Pembangunan Wilayah dan Penanggulangan Bencana, Sorni Paskah Daeli menyebut Muhadjir sebelumnya sudah dua kali melakukan kunjungan ke Papua. Kunjungannya yakni dalam rangka melihat soal konflik sosial dan bencana kelaparan di sana.

Dimana keduannya, kata Sorni, berkaitan dengan isu kemiskinan yang hendak ditangani oleh Kemenko PMK.

"Dua ini sebenarnya terkait dengan apa yang menjadi topik kita, kemiskinan dan stunting di sana dua-duanya tinggi dan menjadi sasaran untuk ditangani secara serius," kata dia. 

Sebelumnya, Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin bersama sejumlah menteri dan Panglima TNI akan berkantor di Papua pada awal September 2023. Tujuannya untuk mempercepat upaya pembangunan dan menyelesaikan persoalan yang dihadapi pemerintah daerah di Papua.

Ini diungkapkan juru bicara Wapres, Masduki Baidlowi, usai mendampingi Ma'ruf Amin melakukan rapat dengan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, di Istana Wapres, Jakarta, Jumat (18/8/2023).

"Tadi Bapak Menko PMK melaporkan beberapa hal penting kepada Wapres terutama yang terkait dengan hasil kunjungan beliau ke Papua. Kebetulan bahwa memang Wapres berencana berkunjung kembali ke Papua pada tanggal 4 September dan rencananya akan berkantor di sana dengan sejumlah menteri," kata Masduki di Jakarta seperti dilansir Antara, Minggu (20/8/2023).

Masduki menyebut Ma'ruf Amin akan berkantor di Papua selama beberapa hari dan berkunjung ke sejumlah daerah di sana. Beberapa waktu lalu, Ma'ruf Amin telah berkunjung dan berkeliling ke sejumlah kota di Papua selama sepekan.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close