Upacara HUT ke-79 RI, Wapres Ma'ruf Amin Kenakan Baju Adat Pontianak Kalimantan Barat

Nusantaratv.com - 17 Agustus 2024

Wapres KH Ma'ruf Amin beserta Ibu Hj. Wury Ma'ruf Amin memilih mengenakan pakaian adat Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar). (Foto: Tangkapan layar)
Wapres KH Ma'ruf Amin beserta Ibu Hj. Wury Ma'ruf Amin memilih mengenakan pakaian adat Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar). (Foto: Tangkapan layar)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin didampingi Ibu Wury Ma'ruf Amin pagi ini, Sabut (17/8/2025), menghadiri Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Halaman Istana Merdeka, Jakarta. 

Seperti tahun-tahun sebelumnya, salah satu daya tarik dari pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) adalah penggunaan pakaian adat yang beraneka ragam dari seluruh Nusantara yang dikenakan oleh Presiden, Wapres, maupun para pengisi dan peserta upacara. 

Pada peringatan HUT ke-79 RI ini, Wapres beserta Ibu Hj. Wury Ma'ruf Amin memilih mengenakan pakaian adat Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar).

"Kalau yang saya pakai ini namanya Telok Belanga, kalua ibu Buang Kuureng. Filosofinya, ini kan warnanya emas. Warna emas menurut adat Melayu itu menujukkan kejayaan, kemakmuran, kebahagiaan, dan yang dipakai kainnya ibu sama ini, yakni warna insang, itu menujukkan pernafasan, kehidupan," ujar Wapres saat bersiap menuju Istana Merdeka Jakarta, Sabtu (17/8/2024).

Diketahui, Telok Belanga adalah pakaian Melayu yang khusus digunakan oleh laki-laki. Umumnya, pakaian ini digunakan untuk acara acara resmi seperti upacara adat atau pesta pernikahan. 

Pakaian indah ini terdiri dari pakaian dalam yang terbuat dari bahan satin dan umumnya berwarna kuning emas. Di mana, warna tersebut adalah warna yang identik dengan kerajayaan Melayu.

Bagi suku Melayu, warna yang digunakan mempunyai maknanya tersendiri dan warna kuning emas menjadi warna yang paling banyak dipakai oleh suku Melayu. 

Baju dalaman ini, dipadukan dengan celana panjang serta kain maupun sarung yang memilik corang ingsang. Kain ini nantinya akan dililitkan di bagian pinggang hingga ke lutut. Sebagai pelengkap, dikenakan pula songkok dengan warna hitam.

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close