Upacara HUT Ke-79 RI: Jokowi di IKN, Ma'ruf Amin di Jakarta

Nusantaratv.com - 17 Agustus 2024

Presiden Jokowi saat meninjau pembangunan IKN/Sekretariat Kabinet
Presiden Jokowi saat meninjau pembangunan IKN/Sekretariat Kabinet

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Berbeda dari biasanya, Pemerintah menyelenggarakan peringatan HUT ke-79 RI 2024 di dua tempat yakni di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur dan di Jakarta. 

Menurut informasi yang diperoleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengikuti upacara di IKN. 

Sementara Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin akan upacara di Istana Merdeka, Jakarta. 

Jokowi menjelaskan alasan utama melangsungkan upacara di IKN dan Jakarta adalah harus ada transisi yang kelihatan soal perpindahan ibu kota.

"Ini kan masa transisi, dari Jakarta menuju IKN Nusantara, sehingga ada perjalanan menuju pindahnya harus kelihatan, jadi di sini tetap dilakukan di sana dilakukan," ujar Jokowi Saat ditemui di Posyandu RPTRA Taman Sawo Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (11/6/2024).

Demi kelancaran perhelatan bersejarah tersebut, persiapan dikebut, mulai dari lapangan, Istana Negara, Istana Garuda, hingga akomodasi hotel.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menyebut kesiapan Istana Garuda dan Istana Negara sudah mencapai 95%. 

Basuki menjamin fasilitas dari air, listrik, hingga AC sudah dapat berfungsi dengan baik. 

Adapun fasilitas hunian tamu undangan, Basuki meminta hanya basic furniture disediakan. Pasalnya, acara tersebut hanya berlangsung beberapa hari saja.

Upacara 17 Agustus 2024 di IKN diperkirakan dihadiri 1.000 tamu undangan. Sejumlah hotel dan hunian telah disiapkan untuk tempat menginap para tamu. 

Sebagian tamu juga bakal menginap di Kota Balikpapan, jarak kota itu ke IKN sendiri adalah 82 km.

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close