UMK Binaan Hadir di Kriyanusa 2024, Grup MIND ID Dukung Pelestarikan Warisan Budaya

Nusantaratv.com - 30 Agustus 2024

BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia MIND ID mendukung mitra binaan usaha mikro kecil (UMK) turut serta menampilkan produk budaya kerajinan tangan melalui Pameran Kriyanusa 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), 28 Agustus - 1 September 2024. (Foto: Isimewa)
BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia MIND ID mendukung mitra binaan usaha mikro kecil (UMK) turut serta menampilkan produk budaya kerajinan tangan melalui Pameran Kriyanusa 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), 28 Agustus - 1 September 2024. (Foto: Isimewa)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratav.com - BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia MIND ID mendukung mitra binaan usaha mikro kecil (UMK) turut serta menampilkan produk budaya kerajinan tangan melalui Pameran Kriyanusa 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), 28 Agustus - 1 September 2024.

Dalam pameran bertema "Perajin Muda, Lestarikan Warisan Budaya" yang digelar Dewan Kerajinan Nasional ini diharapkan menjadi ajang perluasan produk kriya Indonesia sekaligus melestarikan tradisi dan warisan budaya Indonesia.

Dalam kesempatan ini, Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Wury Ma'ruf Amin meresmikan pameran Kriyanusa 2024.

Liza Erick Thohir, istri dari Menteri BUMN (Badan Usaha Milik Negara) Erick Thohir, dan Sri Suparni, istri Menteri ESDM Bahlil Lahadalia juga hadir dan mengunjungi Booth MIND ID dalam pameran kerajinan dan seni kriya terbesar di Indonesia.

MIND ID melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) bersama Anggota Holding juga terus melanjutkan pendampingan dan pelatihan kewirausahaan kepada UMK. (Foto: Istimewa)

Dukungan MIND ID dibuktikan dengan mengakomodasi para pengrajin muda dari UMK Binaan Grup MIND ID dalam menampilkan produk kerajinan tangan mulai dari kain songket, kain batik, kipas tangan yang diproduksi berbasis kearifan lokal.

Corporate Secretary MIND ID Heri Yusuf menyampaikan Kriyanusa menjadi event pameran prestisius yang selalu ditunggu oleh para UMK binaan Grup MIND ID. 

Karenanya, MIND ID secara proaktif mendukung UMK binaan terus meningkatkan produk dan cakupan pasar melalui keikutsertaan dalam berbagai pameran tingkat nasional hingga global.

"Kriyanusa 2024 adalah momentum yang baik bagi para mitra UMK Binaan Grup MIND ID. Kami terus menjaring dan meningkatkan kapabilitas UMK Binaan sebagai produsen untuk produk-produk budaya agar mampu memberi peningkatan nilai tambah bagi ekonomi daerah," katanya.

Heri menuturkan, Grup MIND ID konsisten mendorong UMK Binaan untuk mampu Naik Kelas dengan peningkatan kapasitas usaha sehingga dapat terus tumbuh berkelanjutan baik itu secara ekonomi dan tingkat kemandirian tiap pelaku UMK.

MIND ID secara proaktif mendukung UMK binaan terus meningkatkan produk dan cakupan pasar melalui keikutsertaan dalam berbagai pameran tingkat nasional hingga global. (Foto: Istimewa)

Adapun UMK Binaan Naik Kelas yang dimaksud meliputi peningkatan jumlah pegawai, peningkatan kapasitas produksi, peningkatan omzet keterlibatan masyarakat sekitar untuk menghasilkan produk, hingga cakupan pemasaran produk.

MIND ID melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) bersama Anggota Holding juga terus melanjutkan pendampingan dan pelatihan kewirausahaan kepada UMK.

Grup MIND ID menyadari keberadaan UMK memiliki sumbangsih besar dalam perekonomian khususnya produk domestik bruto (PDB) nasional dan penyerapan tenaga kerja. 

"Melalui serangkaian program dan inisiatif, kami terus memberikan dukungan bagi pertumbuhan dan keberlanjutan UMK mulai dengan memberikan bantuan modal, pelatihan hingga bantuan pemasaran kepada pelaku UMK yang menjadi mitra binaan kami," kata Heri.

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close