Ukraina Coba Hentikan Aliran Gas ke Rusia

Nusantaratv.com - 11 Mei 2022

Pipa dan katup pengukur tekanan di stasiun kompresor penguat (BCS) di ladang gas Poltava Timur dekat desa Kovalivka, di wilayah Poltava, Ukraina. (Reuters)
Pipa dan katup pengukur tekanan di stasiun kompresor penguat (BCS) di ladang gas Poltava Timur dekat desa Kovalivka, di wilayah Poltava, Ukraina. (Reuters)

Penulis: Supriyanto

Nusantaratv.com - Ukraina bersiap untuk menghentikan aliran beberapa gas yang mengarah ke Rusia melalui titik transit utama pada (11/05/2022). Saat ini pasukan Ukraina tengah bersiap untuk kembali merebut empat desa di sekitar kota Kharkiv yang telah dikuasai oleh pasukan Kremlin.

Seperti dikutip dari Reuters, jalur gas yang menuju Rusia banyak melewati Ukraina. Operator gas Ukraina mengatakan akan mengalihkan gas dari titik transit Sokhranivka, yang berada di daerah yang diduduki oleh pasukan Rusia, ke  daerah lain yang dikuasai Ukraina. Semenjak Rusia menginvasi Ukraina pada (24/2/2022), negara-negara Barat berusaha untuk melarang penggunaan energi dari Rusia.

Setelah berhasil merebut kota Izyum dekat Kharkiv, di timur laut Ukraina, pasukan Rusia berusaha menjadikan wilayah itu sebagai pangkalan pasukannya untuk mengepung pasukan Ukraina di wilayah Donbas Timur. Pasukan Ukraina telah memaksa pasukan Rusia untuk menghentikan serangan di Ibukota Kkyiv pada Maret 2022). 

Pasukan Ukraina sejauh ini terus bertahan dari serangan pasukan Rusia yang dilancarkan dari tiga arah, dan pejabat tinggi intelijen AS mengatakan perang sekarang seakan menemui jalan buntu.

Menurut Direktur Intelijen Nasional Avril Haines di Washington, (10/05/2022) kemenangan Rusia di wilayah Donbas Timur Ukraina mungkin tidak segera mengakhiri perang. Saat ini Putin tampaknya sedang mempersiapkan peperangan jangka panjang. (Raffli)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close