Ukraina Beli Ribuan Drone Tempur

Nusantaratv.com - 29 Desember 2022

Seorang anggota tim pengawasan militer Ukraina bersiap meluncurkan drone dari ladang gandum di Ukraina selatan. (Jason Beaubien/NPR)
Seorang anggota tim pengawasan militer Ukraina bersiap meluncurkan drone dari ladang gandum di Ukraina selatan. (Jason Beaubien/NPR)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Ukraina membeli sekitar 1.400 drone. Sebagian besar drone tersebut akan digunakan untuk pengintaian, dan berencana untuk mengembangkan model tempur yang dapat menyerang drone pengebom Rusia.

Dalam wawancara dengan The Associated Press (AP), Rabu (27/12/2022), Menteri Transformasi Digital Mykhailo Fedorov menggambarkan perang Rusia di Ukraina sebagai perang besar pertama di era internet. 

Dia memuji drone dan sistem internet satelit seperti Elon Musk's Starlink karena telah mengubah konflik.

Ukraina membeli drone seperti Fly Eye, pesawat tak berawak kecil yang digunakan untuk intelijen, pengawasan medan perang, dan pengintaian. "Dan tahap selanjutnya, sekarang kita kurang lebih dilengkapi dengan drone pengintai, ini adalah drone penyerang. Ini adalah drone yang meledak dan drone yang terbang tiga hingga 10 kilometer dan mencapai target," kata Fedorov. 

Dia memperkirakan lebih banyak misi dengan drone penyerang di masa depan, tetapi tidak menjelaskan lebih lanjut. "Kami berbicara tentang drone, UAV, UAV yang kami kembangkan di Ukraina. Yah, bagaimanapun, itu akan menjadi langkah selanjutnya dalam pengembangan teknologi," ungkapnya.

Pihak berwenang Rusia menuduh beberapa serangan pesawat tak berawak Ukraina di pangkalan militernya dalam beberapa pekan terakhir, termasuk satu pada Senin di mana mereka mengatakan pasukan Rusia menembak jatuh pesawat tak berawak yang mendekati pangkalan udara Engels yang terletak lebih dari 600 kilometer dari perbatasan Ukraina.

Militer Rusia mengatakan puing-puing menewaskan tiga tentara tetapi tidak ada pesawat yang rusak. Pangkalan itu menampung pembom strategis berkemampuan nuklir Tu-95 dan Tu-160 yang telah terlibat dalam peluncuran serangan di Ukraina.

Pihak berwenang Ukraina tidak pernah secara resmi mengakui melakukan serangan pesawat tak berawak seperti itu, tetapi mereka membuat kiasan samar tentang bagaimana Rusia mendapatkan pembalasan atas perangnya di Ukraina, termasuk di dalam wilayah Rusia.

Fedorov mengungkapkan Ukraina sedang melakukan penelitian dan pengembangan drone yang dapat melawan dan menjatuhkan drone lain. Rusia menggunakan drone Shahed buatan Iran untuk serangan udaranya di wilayah Ukraina dalam beberapa pekan terakhir, selain serangan roket, rudal jelajah, dan artileri.

"Saya sudah bisa mengatakan bahwa situasi terkait drone akan berubah drastis pada Februari atau Maret," jelasnya.

Fedorov diwawancara di kantornya yang cerah dan modern. Terletak di dalam gedung kementerian yang tenang, ruangan itu berisi pemutar piringan hitam, buku sejarah yang ditumpuk di rak, dan treadmill.

Dia menyoroti pentingnya komunikasi seluler untuk keperluan sipil dan militer selama perang dan mengatakan tempat yang paling menantang untuk mempertahankan layanan adalah di wilayah Donetsk, Zaporizhzhia, Odesa dan Kiev di tengah dan timur negara itu.

Fedorov menambahkan ada kalanya kurang dari setengah menara ponsel berfungsi di ibu kota, Kiev, karena serangan udara Rusia telah menghancurkan atau merusak infrastruktur yang mendukungnya.

Ukraina memiliki sekitar 30.000 menara ponsel, dan pemerintah sekarang mencoba menghubungkannya dengan generator agar dapat tetap berfungsi ketika serangan udara merusak jaringan listrik.

Satu-satunya alternatif, untuk saat ini, adalah sistem satelit seperti Starlink, yang mungkin lebih diandalkan warga Ukraina jika pemadaman listrik mulai berlangsung lebih lama.

"Kita harus memahami bahwa dalam hal ini, Starlinks dan menara yang terhubung ke generator akan menjadi infrastruktur internet dasar," cetus Fedorov.

Banyak kota besar dan kecil menghadapi pemadaman listrik yang berlangsung hingga 10 jam. Fedorov mengatakan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menandatangani keputusan yang menginstruksikan perusahaan telepon seluler untuk memastikan mereka dapat menyediakan sinyal tanpa listrik setidaknya selama tiga hari.

Sementara itu, dengan dukungan dari mitra Uni Eropa, kementeriannya bekerja untuk membawa 10.000 lebih stasiun Starlink ke Ukraina, dengan layanan internet tersedia untuk umum melalui ratusan 'Points of Invincibility' yang menawarkan minuman hangat, ruangan berpemanas, listrik, dan tempat berlindung bagi orang-orang yang terlantar karena pertempuran atau pemadaman listrik.

Sekitar 24.000 stasiun Starlink sudah beroperasi di Ukraina. Perusahaan Elon Musk, SpaceX, mulai menyediakannya pada hari-hari awal perang setelah Fedorov men-tweet permintaan kepada miliarder asal Amerika Serikat (AS) tersebut.

"Saya hanya berdiri berlutut, memohon mereka untuk mulai bekerja di Ukraina, dan berjanji bahwa kami akan membuat rekor dunia," kenangnya.

Fedorov membandingkan donasi terminal satelit Space X dengan beberapa peluncur roket yang dipasok AS dalam hal signifikansi bagi kemampuan Ukraina untuk membangun pertahanan melawan invasi Rusia. "Ribuan nyawa terselamatkan," tegasnya.

Selain aplikasi sipil, Starlink telah membantu operator drone pengintai garis depan menargetkan serangan artileri pada aset dan posisi Rusia. Federov mengatakan timnya kini mendedikasikan 70 persen waktunya untuk teknologi militer. Kementerian itu baru dibentuk tiga tahun lalu.

Menyediakan tentara dengan drone adalah salah satu tugas utamanya. "Kita perlu melakukan lebih dari apa yang diharapkan dari kita, dan kemajuan tidak bisa menunggu. Saya sama sekali tidak percaya pada potensi teknologi mereka," tukas Fedorov.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])