Ujian Nasional Ditiadakan, Disdik Kota Banjarmasin Kembalikan ke Ujian Sekolah

Nusantaratv.com - 09 Maret 2022

Nuryadi, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disdik Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan./ist
Nuryadi, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disdik Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan./ist

Penulis: Andi Faisal

Nusantaratv.com - Merujuk pada Surat Edaran yang diterbitkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Makarim yaitu Surat Edaran (SE) Nomor 1 Tahun 2021 tentang Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. Dipastikan, pelaksanaan ujian nasional tahun ini kembali ditiadakan.

Demikian dikatakan Nuryadi, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disdik Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. 

Diketahui, peniadaan ujian nasional telah diterapkan sejak tahun lalu, sesuai Surat Edaran (SE) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Nadiem Makarim, Nomor 1 tahun 2021 tentang Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.

"Sejak 2021, ujian nasional sudah dihapus oleh kementerian dan dikembalikan ke ujian sekolah," ujar Nuryadi, Selasa (8/3/2022).

Nuryadi menjelaskan ujian sekolah nantinya menjadi penentu bagi peserta didik atau siswa untuk naik jenjang atau kelas.

"Dikembalikan ke Ujian Sekolah untuk melanjutkan ke tahap berikut, misalnya dari SD ke SMP," katanya.

Terkait jadwal pelaksanaan Ujian Sekolah, Nuryadi mengaku masih belum ditentukan.

"Untuk jadwalnya, sedang kami susun. Nantinya dilakukan oleh Kelompok Kerja Kepala Sekolah atau K3S di kecamatan," ujar Nuryadi.

Nuryadi lebih lanjut mengatakan berdasarkan SE dari Mendikbud, maka sekolah pun didorong untuk meluluskan peserta didiknya.

Sementara untuk kelulusan siswa dilakukan penilaian dari beberapa komponen misalnya penilaian harian, tengah semester dan akhir semester. 

"Selain itu, juga ada penilaian terkait pengetahuan, keterampilan dan juga sikap," papar Nuryadi.

Diperkirakan jumlah anak didik di Kota Banjarmasin yang akan menjalani kelulusan pada tahun ajaran kali ini, sekitar 11 ribu. Baik untuk jenjang Sekolah Dasar maupun Sekolah Menengah Pertama. (dari berbagai sumber)  


 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])