Uji Coba Rekayasa Lalin Bundaran HI Diperpanjang

Nusantaratv.com - 11 Juli 2022

Bundaran HI. (Net)
Bundaran HI. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Dinas Perhubungan DKI Jakarta bakal memperpanjang uji coba rekayasa lalu lintas di sekitar Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat. Perpanjangan uji coba berlaku sampai pekan depan.

Sama seperti pekan sebelumnya, uji coba rekayasa lalu lintas di Bundaran HI berlangsung sore hari mulai pukul 16.00 WIB sampai 21.00 WIB.

"Untuk uji coba ini diperpanjang seminggu ke depan sambil melihat akses ataupun dampak manajemen dan rekayasa di simpang Bundaran HI," ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo, Senin (11/7/2022). 

Syafrin mengatakan, berdasarkan hasil uji coba satu minggu terakhir, rekayasa lalu lintas di sekitaran Bundaran HI cukup efektif mengurangi kemacetan. Dari data Dishub, terjadi peningkatan kecepatan rata-rata kendaraan dari arah utara menuju selatan.

Sebelum ada rekayasa lalu lintas, kata dia, kecepatan kendaraan rata-rata 29 kilometer per jam. Lalu saat rekayasa lalu lintas diberlakukan kecepatan rata-rata kendaraan 30 kilometer per jam.

"Setelah dilakukan itu, terjadi peningkatan kecepatan kendaraan sekitar enam persen dari 29 km jadi 30 km sekian untuk kecepatan di sore hari," papar Syafrin.

"Bahkan dengan proporsi ini kecepatannya itu merata, sejak pukul 16.00 sampai 21.00 itu konstan pergerakannya membelok tadi yang mempengaruhi kecepatan arus ke arah MH Thamrin masuk ke arah Jenderal Sudirman itu terminimalisir," imbuhnya.

Menurut Syafrin, kebijakan ini masih akan terus dievaluasi. Nantinya, apabila evaluasi menunjukkan hasil positif, bukan tak mungkin kebijakan ini akan dipermanenkan.

"Sementara ini kita lakukan evaluasi secara kawasan. Mudah-mudahan minggu ini, setelah kami lakukan pembahasan teknis kita akan umumkan, dipermanenkan atau seperti apa," jelasnya. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close