Turut Berduka, Jokowi: Kematian Shinzo Abe Tragis

Nusantaratv.com - 08 Juli 2022

Presiden Jokowi. (Net)
Presiden Jokowi. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan belasungkawa atas kematian mantan perdana menteri (PM) Jepang, Shinzo Abe, pada Jumat (8/7/2022). Jokowi menyebut kematian Abe tragis.

"Izinkan saya mengungkapkan belasungkawa terdalam atas kematian tragis mantan PM Jepang Shinzo Abe," ujar Jokowi melalui media sosial Twitter.

"Kita akan selalu mengingat kontribusinya dalam memperkuat kerja sama RI-Jepang. Semoga keluarga PM Abe dan masyarakat Jepang diberikan kekuatan dalam masa sulit ini," imbuhnya. 

Jokowi turut mengunggah fotonya kala tengah berjabat tangan dengan Abe.

Abe sendiri dipastikan meninggal dunia pada pukul 17.03 waktu setempat, usai ditembak kala berkampanye di Kota Nara.

Dirinya langsung dilarikan ke rumah sakit. Tapi, nyawanya tidak bisa diselamatkan karena pendarahan parah akibat dua luka tembak di lehernya.

Sementara, kepolisian langsung menangkap tersangka setelah insiden terjadi. Hasil penyelidikan, tersangka mengaku memang ingin membunuh Abe karena tidak suka pada mantan pemimpin negaranya itu.

Polisi pun menggeledah rumah tersangka. Di sana, mereka menemukan beberapa senjata rakitan. Senjata itu mirip dengan yang digunakan untuk menyerang Abe.

Di samping itu, polisi mengungkap tersangka pergi ke lokasi kejadian menggunakan kereta. Tapi, mereka tidak menjelaskan detail berapa lama pelaku berada di tempat Abe berkampanye.

Akibat peristiwa ini, Jepang kehilangan salah satu pejabat penting dalam sejarah Negeri Sakura. Para pemimpin dunia pun ramai-ramai menyampaikan belasungkawa. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close