Tragedi Kebakaran di Pesta Pernikahan Irak, Lebih dari 100 Orang Tewas

Nusantaratv.com - 27 September 2023

Seorang pekerja darurat berjalan di atas puing-puing di lokasi menyusul kebakaran besar pada perayaan pernikahan, di distrik Hamdaniya di Provinsi Nineveh, Irak, pada 27 September 2023. (Khalid Al-Mousily/Reuters)
Seorang pekerja darurat berjalan di atas puing-puing di lokasi menyusul kebakaran besar pada perayaan pernikahan, di distrik Hamdaniya di Provinsi Nineveh, Irak, pada 27 September 2023. (Khalid Al-Mousily/Reuters)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Lebih dari 100 orang tewas dan 150 orang lainnya terluka dalam kebakaran di sebuah pesta pernikahan di distrik Hamdaniya di Provinsi Nineveh, Irak.

Kebakaran besar ini menyebabkan petugas pertahanan sipil mencari korban selamat di reruntuhan bangunan yang hangus hingga Rabu (27/9/2023) dini hari.

Wakil gubernur Niniwe Hasan al-Allaq mengatakan, 113 orang telah dipastikan meninggal dunia. Sedangkan media pemerintah menyebutkan jumlah korban meninggal sedikitnya 100 orang, dan 150 orang terluka.

Menurut laporan media setempat, petugas pertahanan sipil mengungkapkan, api membakar ruangan acara besar di distrik Hamdaniya di Provinsi Nineveh setelah kembang api dinyalakan selama perayaan tersebut.

"Kami melihat api berkobar, keluar dari ruangan. Mereka yang berhasil keluar dan mereka yang tidak terjebak. Bahkan mereka yang berhasil keluar dalam kondisi terkoyak," kata Imad Yohana (34 tahun), yang berhasil menyelamatkan diri dari kobaran api, seperti dilansir dari Reuters, Rabu (27/9/2023).

Video dari koresponden Reuters di lokasi kejadian menunjukkan petugas pemadam kebakaran memanjat puing-puing bangunan yang hangus, menyinari puing-puing bangunan yang membara untuk mencari korban selamat.

Menurut pernyataan resmi, ambulans dan kru medis dikirim ke lokasi tersebut oleh otoritas federal Irak dan wilayah semi-otonom Kurdistan Irak.

Informasi awal menunjukkan bangunan tersebut terbuat dari bahan konstruksi yang sangat mudah terbakar, sehingga berkontribusi terhadap keruntuhan yang cepat.

Saksi mata di lokasi kejadian mengatakan, gedung tersebut terbakar sekitar pukul 22.45 waktu setempat, dan ratusan orang hadir pada saat kejadian.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])