TP PKK Natuna Rencanakan Program Perempuan Membangun Desa

Nusantaratv.com - 22 November 2022

TP PKK Kabupaten Natuna saat mengelar rapat koordiasi di Gedung Wanita Kabupaten Natuna, Ranai, Natuna, Sabtu. (ANTARA/Cherman)
TP PKK Kabupaten Natuna saat mengelar rapat koordiasi di Gedung Wanita Kabupaten Natuna, Ranai, Natuna, Sabtu. (ANTARA/Cherman)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Tim Penggerak PKK Kabupaten Natuna Provinsi Kepulauan Riau menyusun dan menyepakati program perempuan membangun desa melalui 10 program pokok PKK di setiap desa yang ada di daerah tersebut pada tahun 2023.

"Rakor tahun ini disepakati beberapa hal untuk 2023, diantaranya membangun mitra kerja hingga ke desa - desa dengan menjalankan 10 program pokok PKK," kata Ketua Pembina Tim Penggerak PKK Kabupaten Natuna Ny Septi Dwiani Wan Siswandi di Natuna, Selasa.

Ia mengatakan butuh peran perempuan dalam mendukung program pemerintah terutama tingkat desa.

Karena itu, TP PKK melakukan sinkronisasi kegiatan dan menggali potensi daerah masing - masing desa dan tentunya akan meminta dukungan anggaran baik tingkat kabupaten hingga desa.

Ia juga menyampaikan ada tiga hal yang telah disepakati TP PKK dalam rapat koordinasi bersama PKK tingkat kecamatan dan desa se-Kabupaten Natuna.

Pertama, penguatan sinergitas program PKK dengan mitra kerja, pemerintah dan lembaga lainnya dalam mendukung program pemerintah.

Kedua, sinkronisasi program kerja prioritas antara TP PKK kabupaten dengan kecamatan sesuai kewenangan dan kondisi masing - masing wilayah.

Ketiga, dukungan anggaran bagi TP PKK kecamatan, kelurahan dana desa dalam pelaksanaan 10 program kerja PKK di tahun 2023.

"Rakor TP PKK merupakan agenda tahunan guna membahas realisasi pelaksanaan 10 program pokok PKK di setiap kecamatan, selain itu juga sebagai wadah evaluasi terhadap kendala atau hambatan yang dihadapi untuk perbaikan dan perencanaan program di tahun mendatang," kata Septi.

Ia juga mengapresiasi pemerintah daerah setempat karena telah mendukung berbagai program kerja yang telah dilaksanakan oleh TP PKK selama ini.

"Melalui rakor kemarin kita berhadap PKK dapat memahami peran dan fungsi dalam meningkatkan kualitas keluarga sejahtera di desa - desa karena komunikasi telah terbuka serta sinergitas yang kuat kita dapat mengoptimalkan program kerja 10 program pokok PKK," ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa peran perempuan dalam pembangunan sangat perlu diperhitungkan karena ada peran perempuan dalam mendukung kesuksesan laki laki.

"Mari bersama kita bersinergi untuk membangun Kabupaten Natuna sesuai dengan fungsi dan peran kita masing masing," katanya.

Ia juga berharap bahwa siapapun yang memegang amanah dapat bertanggung jawab dalam menjalankan tugas.

"Termasuk menggerakkan kader desa maupun kecamatan untuk melaksanakan kader yang kreatif dan inovatif, yang dapat menciptakan masyarakat bahagia dan berkualitas," kata Septi Dwiani.

Sementara, Bupati Natuna, Wan Siswandi menyampaikan rapat koordinasi dapat menjadi wadah untuk membangun komunikasi dari instansi terkecil di desa, kecamatan hingga Kabupaten.

"Dengan hadirnya kepengurusan tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten menunjukkan bahwa sinergitas antar kader PKK sudah berjalan dengan baik," kata Bupati.

Sehingga Ia berharap sinergitas tersebut dapat melahirkan program program yang berorientasi pada pembangunan keluarga menuju keluarga yang bahagia dan berkualitas.

Ia mengatakan bahwa perempuan adalah ujung tombak pembangunan keluarga yang bahagia, karena ada peran besar perempuan dalam mengurus keluarga.

"Termasuk PKK sebagai ujung tombak pembangunan desa khususnya Ibu dan anak," katanya.

Menurutnya, PKK harus menyeragamkan tujuan dengan membuat program yang tetap sasaran, termasuk membuat sekala prioritas dalam menjalankan program tersebut.

"Pemerintah berharap adanya koordinasi dapat menguatkan solidaritas dan sinergitas kader PKK dari desa, kecamatan hingga Kabupaten," ujarnya.

Ia berterima kasih kepada pemerintah di tingkat desa, kecamatan dan pengurus PKK atas partisipasinya dan menjadi bagian dari pembangunan Kabupaten Natuna.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close